Pemuda Bendung Tengah Selalu Dilibatkan

0
284 views

CARENANG – Kepala Desa Carenang, Kecamatan Carenang, Tambrin begitu berharap pada tangan dingin pemuda RW 02, Kampung Bendung Tengah. Kreativitas dan peran para pemuda di kampung ini diharapkan bisa menampilkan lingkungan mereka menjadi yang terbaik pada Lomba Kampung Bersih dan Aman Kabupaten Serang 2019.

“Saat ini, pemuda dan warga kompak melakukan berbagai persiapan untuk menghadapi lomba. Seperti kegiatan kerja bakti setiap hari Jumat, siskamling, hingga pembenahan kampung. Pemuda kita libatkan untuk mendukung setiap kegiatan yang dilaksanakan,” ujar Tambrin kepada jurnalis Banten Raya TV (grup Radar Banten) saat ditemui di kantornya pada Kamis (3/10).

Lingkungan yang dinilai bersih dan menjadi lokasi Kantor Desa Carenang, menurut Tambrin, menjadi dasar pihaknya memilih Bendung Tengah untuk mewakili desa tersebut pada ajang perlombaan berhadiah total Rp900 juta itu. Bandung Tengah yang dianggap sebagai wajah Desa Carenang lantaran dibelah oleh jalan provinsi, juga menjadi pertimbangan pemerintah desa memilih kampung ini.

“Sebagai wajah dari Desa Carenang, Bendung Tengah sudah cukup bersih. Ditambah kekompakan dan antusiasme warga membuat Bendung Tengah bisa bersaing dengan desa-desa lain di Kabupaten Serang,” tukas Tambrin yakin.

Ia menerangkan, hampir 70 persen wilayah Bendung Tengah adalah lahan pertanian yang digarap oleh warga. Sehingga, sebagian besar warga Bendung Tengah berprofesi sebagai petani dan sebagian pemudanya bekerja sebagai buruh pabrik.

Kasi Pelayanan Pemerintah Desa Carenang Mad Buang menilai, gotong royong di Bendung Tengah sudah berjalan dengan baik. Kegiatan warga itu menjadi kegiatan rutin setiap hari Jumat.

“Kita sudah rutin lakukan Jumat Bersih. Biasanya, yang dibersihkan oleh warga selain lingkungan kampung, juga saluran pembuangan air limbah,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Ketua RT 012 RW 02, Kampung Bendung Tengah, Abdurrahman menjelaskan bahwa ronda malam dilakukan oleh warganya secara sukarela. Mayoritas yang ronda malam adalah pemuda Bendung Tengah.

“Di lingkungan kami, sudah ada dua pos ronda. Rencananya, akan kita perbaiki agar lebih rapi,” ujarnya. (rio/ang/don/ags)