Pemuda Diminta Mengambil Peran Mengisi Kemerdekaan

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah memberikan penghargaan kepada veteran di halaman Pendopo Bupati Serang, Kamis (15/8). Foto Rozak/Radar Banten

SERANG – Kaum pemuda di Kabupaten Serang diminta dapat mengambil peran dalam mengisi kemerdekaan Indonesia. Caranya, meneruskan perjuangan para pejuang kemerdekaan dengan mengabdikan diri kepada negara.

Permintaan itu disampaikan Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kabupaten Serang Supri dalam sambutannya pada kegiatan ramah tamah Pemkab Serang bersama para veteran di Pendopo Bupati Serang, Kamis (15/8). Kegiatan juga dirangkaikan dengan pemberian penghargaan kepada para teladan di Kabupaten Serang oleh Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah. Terdiri atas veteran, aparatur sipil negara (ASN), dan pegiat sosial.

Supri menilai, para pemuda saat ini belum mengambil peran untuk mengisi kemerdekaan Indonesia. Padahal, banyak posisi yang harus diisi para pemuda. “Jangan nuntut saja, ilmunya diisi. enggak punya ilmu, tapi nuntut ini itu,” tukasnya.

Menurut Supri, mengisi kemerdekaan saat ini bisa dilakukan dengan melakukan pengabdian kepada negara. Paling tidak di daerahnya masing-masing. “Harus kuasai ilmu sesuai kemampuannya masing-masing,” pesannya.

Sementara itu, Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah menilai, pejuang kemerdekaan sepatutnya mejadi teladan bagi kaum pemuda dan masyarakat. “Perjuangan mereka tentu harus kita lanjutkan sebagai generasi penerus,” ujarnya.

Meneruskan perjuangan para pahlawan, menurut Tatu, saat ini dengan ikut serta pada pembangunan daerah dan negara. Menurut Tatu, dibutuhkan peran pemuda sebagai tulang punggung bangsa untuk menuntaskan pembangunan. “Tugas kami melanjutkannya dengan cara pembangunan, menyelesaikan persoalan kemiskinan, persoalan kebodohan,” terangnya.

Tatu pun berpesan agar masyarakat waspada terhadap penjajahan zaman sekarang yang lebih kepada menimbulkan perpecahan antarsesama. “Perpecahan ini bisa timbul dari hoax, saling memfitnah,” tandasnya. (jek/zai/ira)