Pemuda Kamalaka Siap Bentuk Kelompok Sadar Hukum

TAKTAKAN – Pemuda Lingkungan Kamalaka, RT 01 RW 05, Kelurahan Panggungjati, Kecamatan Taktakan menjadi tonggak penggerak sadar kebersihan dan keamanan warga. Para pemuda siap membentuk kelompok sadar hukum dalam Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020.

Berdasarkan pengakuan Koordinator Pemuda Kamalaka Arifudin, sebanyak 60 pemuda di RT 01 aktif menjalankan iuran Rp50.000 per bulan untuk membenahi lingkungan dan kegiatan ronda malam. “Kita belum membentuk kelompok sadar hukum dan lingkungan, tapi secepatnya bakal kami urus di kelurahan,” kata Arif kepada Radar Banten, Senin (23/3).

Selain itu, setiap Sabtu dan Minggu, para pemuda yang libur bekerja gotong royong membenahi lingkungan. Mulai dari membersihkan sampah di got dan yang berserakan di jalan, hingga membuat pagar dan taman selfi. “Alhamdulillah mulai dari pengerjaan sampai ide membuat taman, para pemuda berperan besar,” katanya.

Di sepanjang jalan lingkungan di RT 01, penataan berupa pagar, tanaman hijau di pot yang terbuat dari bak bekas, hingga taman selfi sudah terlihat. Meski kondisi jalan lingkungan kurang bagus, namun dengan penataan yang dilakukan pemuda Lingkungan Kamalaka RT 01 terlihat rapi dan indah. 

Untuk kegiatan ronda malam, para pemuda juga turut ambil peran. Sebagian besar pemuda masuk daftar jadwal ronda. Berkat peran aktif pemuda menjalankan siskamling, angka pencurian kendaraan bermotor pun bisa diminimalisasi. “Biasanya kan kalau mau Ramadhan gini banyak maling motor, jadi kita rutin jaga malam,” katanya.

Hal itu senada disampaikan Bhabinkamtibmas Kelurahan Pangggung Jati Polsek Taktakan Brigpol Ahmad Sofan, para pemuda aktif melaksanakan kegiatan siskamling setiap malam. “Sebelum ada lomba pun, siskamling di Panggungjati mah sudah berjalan,” ungkapnya.

Sofan juga aktif memberikan sosialisasi terkait sadar hukum kepada warga dan pemuda. Menurutnya, keamanan di Lingkungan Kemalaka kondusif, tidak ada kasus penyebaran narkoba atau kekerasan dalam rumah tangga. “Nanti saya bakal bimbing pemuda untuk pembuatan surat legalitas kelompok sadar hukum,” pungkasnya. (mg06/aas)