Pemuda Rancapanjang Sukarela Jaga Keamanan Kampung

PETIR – Pemuda RT 04 RW 001, Kampung Rancapanjang, Desa Seuat, Kecamatan Petir, selalu aktif dalam kegiatan warga di kampungnya. Salah satunya, menjaga keamanan lingkungan. Tiap malam, mereka keliling kampung dan meramaikan pos ronda.

Ketua RT 04 RW 001, Kampung Rancapanjang Abas mengakui, pemuda di kampungnya kompak dan aktif di berbagai kegiatan warga. Dari mempersiapkan perayaan hari besar nasional atau hari besar Islam, hingga menjaga keamanan lingkungan.

Alhamdulillah, pemuda di kampung ini (Rancapanjang-red) sangat kompak. Tiap ada kegiatan, (pemuda-red) rajin turun,” kata Abas saat berbincang dengan Radar Banten, Senin (14/10).

Ia menjelaskan, hampir tiap malam, pemuda Rancapanjang berkumpul di lima pos ronda di kampung itu. Pemuda dan warga melaksanakan ronda malam meskipun jadwal ronda belum tersusun. “Ke depan, (jadwal ronda-red) kami tata,” tegasnya.

Abas mengutarakan bahwa kekompakan pemuda Rancapanjang itu menjadi salah satu pertimbangan Pemerintah Desa Seuat menunjuk kampungnya untuk mengikuti Lomba Kampung Bersih dan Aman Kabupaten Serang 2019.

“Alasan penunjukan (RW 001, Kampung Rancapanjang-red), pemudanya kompak. Dari berbagai hal,” ujarnya.

Ketua Pemuda Kampung Rancapanjang Wawan Setiawan membenarkan keterlibatan pemuda kampungnya dalam setiap kegiatan warga. Di Kampung itu, tak kurang ada 50 pemuda. “Alhamdulillah, lingkungan desa kami aman terkendali. Pemuda terlibat mengisi pos ronda,” katanya.

“Begitu pun kebersihan dan penataan lingkungan. Pemuda ingin ada perbedaan antara Kampung Rancapanjang dengan kampung lainnya,” imbuh Wawan.

Sementara itu, Sekretaris Desa Seuat Ahmad Taufik mengaku, pihaknya telah menyiapkan beberapa kegiatan persiapan lomba. Dalam waktu dekat, Pemerintah Desa Seuat akan membantu warga Rancapanjang menyediakan bak atau tong sampah dan penataan pos ronda. “Kita sudah persiapkan,” tandasnya.

Ditemui di kediamannya, Kepala Desa Seuat Usup berharap, Rancapanjang mampu meraih hasil yang terbaik dalam perlombaan berhadiah total senilai Rp900 juta itu. Ia juga berharap agar warganya menggalakkan kegiatan kebersihan dan keamanan lingkungan. (fdr/don/ira)