Pemuda RT 01 Kebonsayur Bebas Berkreasi

0
869 views

SERANG – Pemuda diberi kebebasan untuk berkreasi. Mereka dituntut bisa membuat lingkungannya indah. Enak dipandang. Di RT 01 RW 02, Lingkungan Kebonsayur, Kelurahan Kotabaru, Kecamatan Serang, pemudanya menjadi ujung tombak penataan lingkungan.

Penataan lingkungan RT ini masih berlangsung. Di antaranya, mendekorasi lingkungan dengan cat dan penghijauan.

“Sekarang belum selesai. Kami baru mulai menata sekitar tanggal 5 Juni kemarin. Yang sudah itu baru (pembangunan-red) gapura. Pengecatan sama peghijauan masih dilanjutkan,” jelas Ketua RT 01 Abdul Nasir pada Kamis (18/6).

Pengecatan dan penghijauan diserahkan kepada para pemuda. Tembok di di gang-gang RT ini dihias dengan bermacam lukisan atau gambar. Tanaman di beberapa lokasi juga ditata agar terlihat apik. Warga menganggap, pemuda lebih kreatif mendekorasi lingkungan mereka.

“Biasanya, pemuda mengerjakannya malam hari,”  ungkap Abdul Nasir. Pengecatan paving block, lanjutnya, masih dipertimbangkan oleh warga.

Penghijauan dan penanaman bunga di RT 01 masih berjalan. “Nanti malam (Kamis, 18/6-red) juga lanjut lagi pengecatan. Pemuda di lingkungan kami memang tidak sebanyak RT lain. Tapi alhamdulillah, mereka semangat menata. Gambar-gambar yang sudah jadi juga rata-rata, mereka (pemuda-red) yang buat,” beber ketua RT yang biasa dipanggil Gondrong ini.

“Yang masih akan kami tambah itu penghijauan, tempat sampah di rumah-rumah warga, tempat cuci tangan, sama ruang terbuka hijau,” tambah Abdul Nasir.

Salah satu Pemuda RT 01, Alif Mahya, mengaku senang, lingkungannya sudah banyak berubah. Perkampungan yang sebelumnya dicap kampung kumuh ini sudah terlihat lebih indah.

“Dulu mah enggak kayak gini. Sebagai pemuda di lingkungan ini, saya senang karena sudah banyak perubahannya. Apalagi, di sini banyak tembok Berlin-nya(menyebut tembok bangunan kosong-red). Jadi, pemuda yang hobi menggambar, diberi kebebasan untuk berkreasi. Tema gambarnya, selain harus indah, juga harus memiliki pesan yang bagus,” terang Alif. (rio/don)