Pemuda RT 02 Cibunyuh Jadi Motor Penggerak

0
729 views

CIPOCOK JAYA – Warga mulai bergerak. Mereka bergotong royong untuk menciptakan lingkungan RT 02 RW 02, Lingkungan Cibunyuh. Kelurahan Cilaku, Kecamatan Cipocok Jaya, yang bersih dan aman. Penggeraknya, pemuda RT ini.

“Penataan lingkungan kami, pemuda yang menjadi motornya. Mereka diberikan kebebasan untuk berkreasi menata lingkungan agar bisa menjadi lebih indah untuk Lomba Resik Lan Aman (LRLA-red). Memang masih banyak PR (pekerjaan rumah-red)-nya. Kami lakukan  bertahap,” terang Ketua RT 02 Roni S, Rabu (10/6).

Menurut Roni, yang sudah dilakukan warganya adalah pemagaran dan pengecatan. Itupun belum rampung karena kampung mereka memanjang. Perlu waktu untuk menatanya.

Pemuda RT 02 memang diberikan porsi yang besar untuk menata lingkungannya. Pemuda dinilai sangat kompak, antusias, dan lebih kreatif dibandingkan bapak-bapak.

“Semua kegiatan yang megang pemuda. Mereka, bahkan sudah bisa membangun sekretariat sendiri menggunakan kas pemuda, tanpa dibantu warga lainnya,” jelas Roni.

Rencana pemuda RT ini untuk menata lingkungannya, disebutkan cukup banyak. Mereka juga akan membangun gapura dan membenahi pos ronda.

“Pemagaran, pengecatan, pembuatan gapura, dan pembenahan pos ronda sedang dilakukan. Kami juga akan membangun taman. Nanti, (pembangunan taman-red) di lahan seluas empat kali empat meter. Yang menjadi kendala sampai sekarang, kami masih merumuskan tema taman itu. Taman bunga atau taman toga dan sayuran,” ungkap Royadi, pemuda RT 02.

Warga RT 02 Mustofa mengaku setuju dengan rencana pembangunan taman tersebut. Ia berharap, berupa taman toga (tanaman obat keluarga) dan sayur, agar hasilnya bisa dimanfaatkan oleh warga. “Yang saya dorong sih manfaat dari taman tersebut,” ujarnya. (rio/don)