Pemuda RT 07 Lialang Wetan Mampu Ubah Kampungnya

0
639 views

TAKTAKAN – Pemuda RT 07 RW 07, Lingkungan Lialang Wetan, Kelurahan Lialang, Kecamatan Taktakan, terbukti menjadi motor penggerak warga. Setiap pekan, gotong royong di kamung ini diinisiasi oleh pemuda. Wajah kampung inipun berubah.

Ketua RT 07 Ta’ali mengatakan, awalnya, jalanan di kampungnya tak ada hiasan sama sekali. Rumput liar, bahkan tumbuh subur. Kampung ini terkesan kumuh.

Namun, lanjut Ta’ali, kini telah berubah. RT 07 jadi lebih berwarna. Para pemuda menghiasi kampungnya dengan cat berbagai warna dan membuat pot dari ban bekas.

Menurut Ta’ali, berdasarkan kesepakatan pemuda, penataan pertama kali dimulai dengan membersihkan lingkungan dari sampah plastik. “Setelah bersih, baru dilakukan pengecatan,” jelasnya kepada Radar Banten, Sabtu (18/7).

Ta’ali mengakui, peran pemuda sangat besar. Pada penilaian tahap pertama Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020, lingkungan RT 07 belum ditata. Saat itu, tidak ada yang menggerakkan warga untuk melakukan apa.

“Setelah dapat arahan dari tim juri, pemuda langsung ambil alih penataan,” ungkap Ta’ali.

Pemuda RT ini juga berencana membuat hiasan terowongan dari bambu. Nantinya, bagian atap terowongan sepanjang 100 meter itu akan dihiasi dengan botol bekas kemasan minuman. “Supaya keliatan semarak,” kata Ta’ali.

Pemasangan hiasan itu baru akan dilakukan setelah semua pengecatan dan pemagaran di lingkungan RT 07 selesai. Pemuda RT ini juga sedang merencanakan penambahan penghijauan.

“Kalau soal SK (surat keputusan-red) kelompok sadar hukum dan sadar lingkungan mah sudah beres semua,” jelas Ta’ali.

Lurah Lialang Saniman menilai, kekompakan pemuda RT 07 memang patut diacungi jempol. Ia menaruh harapan besar pada pemuda di LRLA.

“Saya mendukung penuh apa pun rencana penataan yang akan dilakukan pemuda,” katanya. (mg06/don)