Pemuda RW 01 Ciuni Penggerak Lingkungan

0
233 views

GUNUNGSARI – Pemuda RW 01, Kampung Ciuni, Desa Sukalaba, Kecamatan Gunungsari, menjadi kunci kesuksesan kampungnya di Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2020. Mereka menjadi motor penggerak untuk mengubah kampungnya menjadi bersih, aman, dan indah.

Saat Radar Banten mengunjungi kampung ini, Selasa (22/9) siang, 20-an pemuda tengah sibuk memotong bambu. Di antara mereka ada yang menyapu dan membakar sampah.

Ketua Pemuda Kampung Ciuni Ahmad Yasin mengatakan, kegiatan gotong royong itu rutin mereka lakukan tiga kali dalam sepekan. Setiap hari Selasa, Jumat, dan Minggu.

”Para pemuda selalu menjadi garda depan soal gotong royong,” katanya.

Meski baru kali ini mengikuti LKBA, Yasin optimistis, kampungnya bisa bersaing dengan RW lain di Kabupaten Serang. Sebab, pemudanya selalu aktif dan semangat jika berkaitan dengan pembenahan kampung.

”LKBA menjadi tantangan baru bagi pemuda di sini,” tegas Yasin.

Ia berencana memagari jalan kampung sepanjang 600 meter, membangun gapura, serta menanam tanaman sayur dan bunga. ”Kita bakal buat kampung ini jadi indah,” ujarnya.

Ketua RT 05 RW 01 Jumri mengakui manfaat keikutsertaan kampungnya di LKBA. Kampungnya menjadi lebih bersih. ”Sekarang warga enggak buang sampah sembarangan lagi,” ungkapnya.

Apalagi, peran pemuda juga menjadi lebih besar dalam membenahi kampung. Jumri pun merasa, gejolak gotong royong dan kekompakan kembali tumbuh.

”Sekarang saya jadi ikut termotivasi. Pemudanya semangat, bapak-bapak dan ibu-ibunya juga ikut semangat,” pungkas Jumri. (mg06/don)