Pemuda RW 05 Birai, Penjaga Semangat Gotong Royong

0
233 views

PABUARAN – Pemuda RW 05, Kampung Birai, Desa Tanjingsari, Kecamatan Pabuaran, mampu menggerakkan warga untuk bergotong royong. Pada Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2020, mereka pun optimistis, kampungnya bisa mempertahankan, bahkan meningkatkan prestasi yang diraih di LKBA 2019.

Ya, di LKBA perdana tahun lalu, RW 05 meraih juara pertama untuk kategori partisipasi masyarakat terbaik. Dengan pengalaman itu, warga bakal menata kampungnya lebih baik.

Perwakilan pemuda RW 05 Maknun mengatakan, kegiatan gotong royong warga sebenarnya sudah aktif sejak lama. Kekompakan dan semangat warga menjaga kebersihan kampung itu, disebutkan juga karena peran para pemuda.

”Jadi kalau setiap pagi di hari Sabtu, pemuda keliling mengajak warga gotong royong,” jelasnya kepada Radar Banten usai kerja bakti bersama warga pada Sabtu (27/9).

Pemuda, lanjut Maknun, yang menginisiasi swadaya warga untuk membiayai kegiatan penataan kampung. Setiap pekan, warga diajak iuran seikhlasnya. Dana yang terkumpul digunakan untuk membeli bambu, cat, dan peralatan penataan seperti paku dan lainnya.

”Sampai sekarang, iurannya masih jalan,” ungkap Maknun.

Untuk kegiatan sistem keamanan lingkungan (siskamling), kata Maknun, juga diaktif oleh pemuda. Dari jadwal ronda malam hingga hingga rute keliling mengamankan kampung setiap malam, ditentukan oleh pemuda.

Sayang, kelompok penggerak lingkungan dan kelompok sadar hukum RW 05 belum disahkan oleh Kepala Desa Tanjungsari. ”Nanti kita lengkapi semua,” tegas Maknun.

Ketua RW 05 H Udari mengakui jika pemuda di wilayahnya kompak dalam hal urusan penataan kampung. Apalagi, tahun ini, total hadiah LKBA bertambah menjadi Rp1 miliar. Itu membuat pemuda semakin semangat.

”Kita bakal habis-habisan. Pokoknya, tahun ini harus juara,” tegas Udari. (mg06/don)