Pemuda RW 05 Gosalih Gerakkan Warga untuk Swadaya

0
342

CIKEUSAL – Peran pemuda sangat dibutuhkan untuk mengubah wajah kampungnya menjadi lebih baik. Di RW 05, Kampung Gosalih, Desa Sukarame, Kecamatan Cikeusal, pemuda mampu menggerakkan warga untuk swadaya. Warga tetap kompak, meskipun kondisi keuangan tengah sulit akibat pandemi Covid-19.

Saat Radar Banten didampingi Bhabinkamtibmas Desa Sukarame Briptu Agus Suzatnika mengunjungi RW 05, Sabtu (17/10) siang, pemuda dan bapak-bapak warga kampung ini sibuk memotong bambu. Mereka gotong royong membuat pagar.

Pemuda RW 05, Andrik Hermawan, mengatakan bahwa kegiatan penataan kampungnya ini dibiayai menggunakan dana sumbangan warga. Pemuda lah yang bergerak menggalang dana, sesuai hasil rapat bersama pemuda dengan para tokoh masyarakat terkait persiapan Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2020 pada pekan lalu.

”Kita (pemuda-red) keliling ke rumah-rumah meminta iuran seikhlasnya,” kata Andrik. Penggalangan dana ini, lanjutnya, dilakukan pemuda selama satu pekan.

Pemuda, kemudian mengambil bambu dari kebun. Lalu, mengajak warga lain untuk membuat pagar. ”Kita buat pagar dulu,” ujarnya.

Uang hasil swadaya warga, jelas Andrik, akan digunakan untuk membangun gapura permanen, membeli pot tanaman, sekaligus membeli tanaman bunga dan sayuran. ”Tanaman itu nanti kita pasang di sepanjang jalan,” terang Andrik.

Ketua RT 010 RW 05 Sunardi mengaku sangat terbantu oleh semangat dan kekompakan pemuda. Soalnya, kalau tidak mengandalkan pemuda, ia bakal kerepotan.

”Kalau pemuda mah enak, diaturnya masih nurut dan punya inisiatif yang bagus,” ucapnya.

Sunardi optimistis, pemuda di kampungnya bisa memberikan hasil terbaik pada ajang LKBA tahun ini. ”Semoga kami dapat juara,” harapnya. (mg06/don)