Pos kesehatan Dinkes dan PMI Kota Cilegon

CILEGON – Warga yang akan melakukan perjalanan mudik jauh dan melintasi jalur laut, sebaiknya mempersiapkan kondisi fisik yang prima. Berdasarkan data yang berhasil dihimpun di Posko Jaga Kesehatan di Terminal Terpadu Merak (TTM), Kota Cilegon, kebanyakan pemudik yang memeriksakan kesehatannya, mayoritas mengalami darah rendah, sakit kepala, dan mual.

“Kebanyakan yang usia lanjut yang mengalami keluhan ini. Salah satunya karena perut mereka kosong (puasa). Tadi juga lima orang kami beri obat. Persedian obat paling banyak paracetamol, serta obat untuk lambung dan diare,” ujar salah seorang petugas jaga posko kesehatan di TTM, Kamis (30/6/2016) malam.

Ia bersama dua rekannya yang jaga malam hanya memberikan pertolongan pertama kepada pemudik yang membutuhkan bantuan medis. “Tidak ada yang dirawat inap, jika ada yang sakitnya berat kami rujuk ke rumah sakit atau puskesmas terdekat,” katanya.

Kepala Divisi BidangPelayanan Bencana dan Yankesos (Pelayanan Kesehatan Sosial pada PMI Cilegon, Alim mengatakan, setiap hari relawan PMI yang bertugas di TTM sebanyak 4 orang. “Dua pria dan dua wanita. Ada yang mencari pasien dan ada yang jaga posko,” katanya. (Riko)