Penataan Banten Lama,  Tahun Ini Perbaikan Jalan dan Pembangunan 1000 Kios

0
1.519 views
SERANG – Penataan kawasan wisata religi dan cagar budaya  Banten Lama mulai dilakukan tahun ini. Rencananya,  penataan dimulai dengan perbaikan ruas jalan menuju kawasan wisata yang terletak di Kecamatan Kasemen,  Kota Serang tersebut.
Walikota Serang TB Haerul Jaman mengungkapkan,  Pemkot Serang telah membesakan lahan seluas 4,5 hektar.  Diatas lahan tersebut tahun ini akan dibangun 1000 pertokoan untuk pedagang kaki lama yang saat ini masih belum tertata.
“Target total tanah sebanyak 9 hektar,  yang baru kita bebaskan 4,5 hektar.  Nanti di situ kita bangun 1000 kios sekaligus terminal,” ujar Jaman,  Jumat (21/7).
Dikatakan Jaman,  pembangunan kios dilakukan diawal agar para PKL yang berada dekat area Masjid Agung Banten Lama dan menara Banten bisa dipindahkan sehingga penataan akan lebih mudah.
Selain kios,  tahun ini,  perbaikan ruas jalan pun dilakukan. Ruas jalan yang menjadi kewenangan Provinsi Banten sedang dalam perbaikan,  yang menjadi kewenangan Pemkot Serang pun menurut Jaman ditarget tahun ini. “Kita pun akan membangun drainase,” kata Jaman.
Pemkot Serang, lanjut Jaman telah membuat desain penataan Banten Lama.  Desain tersebutpun sudah diberikan kepada Pemprov Banten untuk dibahas oleh tim bersama.
“Nanti akan ditentukan mana yang prioritas dari desain itu.  Intinya kami menyambut baik,  membangun perlu kebersamaan,” ujarnya. (Bayu Mulyana/coffeandchococake@gmail.com)