Penataan Bayongbongpintu Merata

CARENANG – Warga RT 017 RW 05, Kampung Bayongbongpintu, Desa Pamanuk, Kecamatan Carenang, tidak lagi fokus pada taman swafoto. Di penilaian tahap kedua, Selasa (17/12), warga telah menyasar semua sudut-sudut lingkungannya. Penataan lingkungan di kampung ini merata, sesuai saran tim 8 juri Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang saat penilaian tahap pertama, November lalu. 

Tim juri mengungkapkan rasa senangnya ketika berkeliling kampung. Gang-gang di Bayongongpintu yang sebelumnya luput dari penataan, karena warga hanya fokus pada pembuatan taman swafoto, kini berbeda. Gang-gang di perkampungan ini telah dilengkapi pagar warna-warni.

Di sepanjang gang, warga menghiasnya dengan lampion dari botol plastik bekas kemasan minuman. Harapan warga, lingkungan tempat tinggalnya menjadi rapi dan cantik.

Upaya penghijauan juga telah dilakukan warga Bayongbongpintu. Tim juri menemukan halaman rumah-rumah warga cukup asri dengan pot bunga dan tanaman sayur. Bahkan, ada halaman rumah warga yang dijadikan pusat pembibitan tanaman sayur dan pusat tanaman obat.

Rahmat Hidayat, salah satu tim juri, mengakui, perubahan Bayongbongpintu cukup signifikan. Ini terjadi karena warga mengikuti arahan tim juri ketika penilaian tahap pertama. Salah satunya, meminta agar penataan kampung tidak terpusat di satu titik. “Sekarang bisa dilihat, di pelosok kampung sudah ada penataan seperti pemagaran jalan, pengecatan, dan penghijauan,” katanya.

Rahmat menilai, Bayongongpintu telah memenuhi semua kriteria LKBA. Bayongbongpintu telah memiliki kelompok sadar lingkungan dan kelompok peduli lingkungan. Dua kelompok ini telah mendapat legalitas dari kepala desa. Tiga bulan terakhir, menurutnya, tidak ada kasus tindak pidana di Bayongbongpintu.

Kepala Desa Pamanuk Syukri bersyukur atas perubahan Bayongbongpintu. Ia mengapresiasi semangat warganya itu selama mengikuti LKBA. “Tujuan utama bukan hadiah. Tapi, kembali menumbuhkan semangat gotong royong di masyarakat. Serta memicu kampung lain untuk bisa mencontoh apa yang dilakukan masyarakat Bayongbongpintu,” tutur Syukri. (rio/don/ags)