Penataan Lingkungan RT 021 Wotgalih Diperluas

0
668 views

WALANTAKA – Penataan lingkungan RT 021 RW 06, Kelurahan Kalodran, Kecamatan Walantaka, tak berhenti di bagian dalam perkampungan ini. Warga melanjutkannya hingga bagian depan kampungnya. Mereka ingin memberikan yang terbaik untuk lingkungannya di Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020.

Pada penilaian tahap pertama, periode 4-15 Mei 2020, Tim 7 Juri LRLA memberikan tanggapan cukup positif terhadap lingkungan RT 021. Hampir semua kriteria penilaian dipenuhi, meskipun penataannya hanya menyasar bagian dalam perkampungan ini. Saat itu, warga menghiasi lingkungannya dengan bunga-bunga. Sehingga, tim juri menyarankan warga RT ini agar membersihkan dan menghias lahan sekira 15 x 10 meter persegi di bagian depan wilayah RT 021. Karena, saat penilaian tahap pertama, masih lahan kosong yang ditumbuhi rumput dan tanaman liar.

Ketua RT 021 Kurnia bersama warga pun langsung bergerap. Mereka mengadakan rapat evaluasi untuk tahap penataan lingkungan selanjutnya menuju penilaian tahap kedua, Agustus mendatang. Semua masukan yang disampaikan juri menjadi bahasan utama.

“Kita akhirnya sepakat untuk membuat gapura dan ruang terbuka hijau (RTH),” kata Kurnia kepada Radar Banten, Minggu (7/6).

Dijelaskan Kurnia, gapura akan dipasang di dua lokasi. Yakni, di jalan bagian depan pintu masuk lingkungan RT 021 dan di jembatan. Gapura di jalan bagian depan akan dibuat seperti gapura pada umumnya. Sementara, gapura di jembatan bakal dibuat seperti hiasan terowongan dari bambu.

“Nanti (gapura berbentuk terowongan-red) kita hias pakai tanaman merambat supaya bisa jadi spot foto,” ujar Kurnia.

RTH, lanjut Kurnia, bakal dibangun di lahan yang terletak di bagian dekat gapura, bagian depan lingkungan RT 021. Tanaman obat keluarga (toga) seperti pohon karok yang bisa untuk menurunkan panas tubuh dan lainnya akan digunakan. Menurutnya, penggunaan toga di RTH ini sesuai arahan tim juri.

“Katanya sih supaya kita enggak fokus di bunga doang, tapi ada toganya juga,” ungkap Kurnia.

Lurah Kalodran H Arifudin menargetkan, lingkungan RT 021 mampu meraih juara pada kriteria lingkungan paling berbunga. Ia berharap, warga di lima RT lain di Kelurahan Kalodran yang ikut LRLA, termotivasi untuk memperindah lingkungannya. “Semoga, semua RT di Kalodran sukses jadi juara di LRLA,” harapnya. (mg06/don)