Penataan Merambat ke Dalam Kampung RT 01 Keganteran

KASEMEN – Penataan lingkungan RT 01 RW 05, Lingkungan Keganteran, Kelurahan/Kecamatan Kasemen, diperluas. Bagian dalam perkampungan ini menjadi target penyempurnaan persiapan penilaian tahap dua Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020.

Setelah sebelumnya warga membuat dua spot foto di bagian depan kampung, warga RT 01 beralih menghias jalan. Warga menggunakan cat untuk membuat lis di jalan.

Dua spot foto di perkampungan ini dibuat dari kayu bekas pabrik mebeler. Bentuknya, susunan kayu bergambar kupu-kupu dan love dari susunan kayu. Dua spot foto ini menjadi daya tarik bagi warga yang melintasinya. Mereka berhenti untuk sekadar berfoto.

Ketua RT 01 Hasbullah mengatakan, penataan di lingkungannya memasuki tahap akhir. Warga sudah merenovasi pos ronda. Tempat yang menjadi pusat warga mengamankan lingkungannya itu menjadi lebih berwarna. Peralatan keamanannya pun sudah dilengkapi.

“Sekarang kita sempurnakan dengan pengecatan di bagian dalam perkampungan,” tegas Hasbullah kepada Radar Banten, Jumat (12/6).

Warga RT 01, lanjut Hasbullah, juga telah melakukan penghijauan. Sejumlah tanaman di dalam pot dari ban bekas  ditata di pinggir jalan dan pekarangan rumah warga. “Kebanyakan sih tanaman jeruk limau,” jelasnya.

Hasbullah mengatakan, warganya berencana mengecat di jalan pada Minggu (14/6). Ia ingin, RT-nya menjadi lingkungan berwarna.

“Warga kami kompak. Setiap gotong royong pasti ikut semua,” terang Hasbullah.

Lurah Kasemen Ahmadi mengaku, selain berwarna, keamanan RT 01 cukup terjamin. Setiap malam hari, selalu ada warga yang meronda.

“Kita sudah buat jadwalnya. Kentongan, buku tamu, semua sudah lengkap,” katanya. “Bahkan, SK (surat keputusan-red) kelompok sadar hukum dan kelompok sadar lingkungan juga sudah ada,” tambah Ahmadi.

Ia berharap, dengan LRLA Kota Serang 2020, warganya termotivasi untuk terus menjaga dan merawat kebersihan serta keamanan lingkungan. “Jadi, setelah lomba berakhir, harus tetap semangat menjaga lingkungan,” imbaunya. (mg06/don)