Penataan RT 01 Sindangsari Masuk Tahap Akhir

0
638 views

KASEMEN – Warga RT 01 RW 01, Lingkungan Sindangsari, Kelurahan Kasunyatan, Kecamatan Kasemen, menilai, kegiatan penataan lingkungan kampungnya telah memasuki tahap akhir. RT ini siap dinilai di Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020 pada Agustus mendatang.

“Penataan di lingkungan kami sudah selesai, tinggal merapikan sedikit lagi. Sekarang, yang kami lakukan tinggal pemeliharaan hasil penataan tersebut. Alhamdulillah, warga di sini sangat kompak, bahkan ada yang dengan sukarela membangun pos ronda sendiri di halaman rumahnya. Sekarang, pos ronda di lingkungan kami ada dua. Satu di depan kampung, satunya lagi di belakang kampung,” jelas Ketua RT 01 Nandang pada Sabtu (17/7).

Jalanan di RT ini dipagari. Pengecatan sebagai kegiatan untuk menghias lingkungan juga telah dilakukan warganya.

Sebagai penghijauan, warga membuat kabun sayur di belakang pos ronda. Serta, menanam tanaman hias di masing -masing rumah warga.

“Kalau untuk yang di belakang pos ronda, kami fokusnya di sayuran. Itu sudah berjalan lama, jadi hasilnya juga sudah beberapa kali dibagikan dan dinikmati warga,” ungkap Nandang.

Capaian RT 01 ini berkat kekompakan warganya. Setiap hari Jumat, mereka turun bergotong royong menata kampung menuju penilaian tahap dua LRLA. Sehingga, setiap agenda warga menata kampung, bisa diselesaikan tepat waktu.

“Ketika kami mulai, pemagaran selesai dalam sehari. Dilanjutkan dengan pengecatan yang juga selesai sehari. Karena warga turun semua, penataan lingkungan menjadi cepat. Pagar kami menggunakan kayu palet yang oleh salah satu warga diberikan sebagai bentuk swadaya,” jelas Nandang.

Ketua Pemuda RT 01 Endang Hidayat menambahkan bahwa kegiatan warga menata kampungnya itu dilakukan setiap malam hari. “Pemuda di lingkungan kami tugasnya mengecat dan kegiatan berat lainnya. Alhamdulillah, mereka kompak ketika penataan, sehingga prosesnya menjadi cepat. Sekarang, warga tinggal fokus memelihara hingga hari penilaian,” tutup Endang. (rio/don)