Penataan RT 02 Cipecungmasjid Masuk Tahap Akhir

0
931 views

CURUG – Warga RT 02 RW 02, Lingkungan Cipecungmasjid, Kelurahan/Kecamatan Curug, semakin gencar melakukan penataan. Saat ini, penataan lingkungan ini masuk tahap akhir. Yakni, penghijauan.

Di kampung ini, hasil penataan warga sudah terlihat. Pagar bambu sepanjang 300 meter telah terpasang. Gapura dari baja ringan pun sudah terpasang. Namun, penghijauan masih kurang.

“Kita sudah pesan bibit tanaman untuk dipasang nanti,” kata Ketua RT 02 Darwis kepada Radar Banten, Minggu (26/7).

Ia menjelaskan, pihaknya sudah memesan 300 bibit berbagai jenis. Tanaman sayur seperti tomat, cabai, dan terong. Serta, tanaman hias dan tanaman obat keluarga (toga).

Pembelian tanaman ini hasil iuran warga yang  dikumpulkan setiap kegiatan Jumat bersih (Jumsih). “Alhamdulillah, warga kompak gotong royong dan swadaya,” ujar Darwis.

Ia juga mengimbau para ibu-ibu untuk membeli sendiri pot tanaman untuk dipajang di depan pekarangan rumah. Sehingga, penghijauan bisa menyeluruh di RT 02. “Enggak cuma di pinggir jalan aja, tapi di pekarangan rumah juga,” terangnya.

Darwis mengaku, penataan RT-nya cukup berat karena wilayahnya cukup besar. Dari depan hingga bagian belakang kampung, membutuhkan banyak batang bambu untuk pemagaran. “Sekarang kita masih kekurangan bambu,” tuturnya.

Kendati demikian, Darwis tak mau menyerah. Untuk menghadapi penilaian tahap kedua Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020, Agustus nanti, pengurus dan warga RT 02 gotong royong siang dan malam. Siang hari dimanfaatkan untuk mengecat pagar. Malamnya untuk memotong bambu.

“Pokoknya mah kejar target penataan,” tandas Darwis.

Lurah Curug Suadah mengaku bangga dengan semangat dan kekompakan warga RT 02. Meski wilayahnya sangat luas, warga tetap berusaha melakukan penataan secara menyeluruh. Warga berusaha memberikan yang terbaik untuk lingkungannya.

“Insya Allah, apa yang dilakukan warga saat ini memberikan manfaat besar bagi lingkungan,” harap Suadah. (mg06/don)