Penataan RT 05 Pipitan Masuk Tahap Akhir

0
671 views

WALANTAKA – Penataan RT 05 RW 02, Lingkungan/Kelurahan Pipitan, Kecamatan Walantaka, hampir selesai. Kini, warga tinggal merampungkan pengecatan jalan kampung sepanjang 200 meter.

Ketua RT 05 Rudi mengatakan, pengecatan sengaja dilakukan mendekati waktu penilaian tahap kedua Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang, agar kondisi cat masih bagus saat juri datang. ”Setelah bersih-bersih dan penghijauan, kita masuk tahap akhir,” tegas Rudi pada Minggu (9/8).

Pengecatan itu dilakukan warga secara swadaya. Sebab, menurut Rudi, dana stimulan dari Pemkot Serang untuk membantu biaya penataan lingkungan RT sudah habis untuk membeli tanaman dan biaya konsumsi selama warga gotong royong. ”Ada yang nyumbang cat, kuas, atau uang cash,” terangnya.

Pengecatan ini ditargetkan selesai dalam waktu tiga hari. Pengerjaannya dilakukan setiap sore dan malam hari. Soalnya, pagi dan siang, warga RT ini sibuk bekerja. ”Kita juga mau bikin hiasan dari bekas kemasan miniuman,” ujar Rudi.

Bidang keamanan, Rudi mengklaim, telah dipenuhi. Pos ronda RT 05 telah direnovasi. Peralatan keamanannya pun telah dilengkapi. Begitu pula dengan legalitas kelompok sadar hukum dari Lurah Pipitan.

”SK (surat keputusan-red) kelompok sadar lingkungan juga sudah ada. Insya Allah, semua sudah lengkap,” tandas Rudi.

Lurah Pipitan Tuti Sumiyati menambahkan, pengecatan jalan di RT 05 merupakan arahan dari tim juri. Tujuannya, agar lingkungan terlihat menarik dan enak dipandang mata.

”Kan bagus kalau ada tanaman. Terus, jalannya juga diwarnai,” ungkap Tuti. (mg06/don)