Penataan RW 02 Pegandikan Terkendala Musim Panen

0
433 views

LEBAKWANGI – Lingkungan RW 02, Kampung/Desa Pegandikan, Kecamatan Lebakwangi, belum siap menghadapi penilaian Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2020. Musim panen menjadi alasan warga belum menata kampungnya.

“Belum mulai penataannya, tapi sosialisasi ke warga sudah. Alasan kami karena di kampung kami sudah mulai memasuki masa panen. Banyak warga yang lebih fokus memanen sawahnya,” kata Ketua RW 02 Adeng Handayana.

Kendati demikian, ujar Adeng, warganya sudah memiliki rencana untuk menata kampung. Di antaranya, mendekorasi jalan dengan pengecatan dan penghijauan di rumah-rumah warga. Pembuatan tempat sampah juga diagendakan.

“Kami fokusnya di penghijauan dan pengecatan. Pemagaran tidak, karena mayoritas rumah di kampung kami sudah memiliki pagar permanen. Paling kami cat saja pagarnya agar seragam dan terlihat lebih bagus,” jelasnya.

Staf Desa Pegandikan Sobari menambahkan bahwa Kampung Pegandikan sudah cukup hijau. Banyak warga kampung ini suka bercocok tanam di halaman rumahnya.

“Tapi tahun ini akan kami dorong untuk mulai ke tanaman jenis apotek hidup, agar tidak hanya bunga yang dipelihara warga. Saya mendorong mereka menanam jenis mint, karena mudah tumbuh dan mudah dirawat. Terlebih, daunnya bisa dimanfaatkan untuk kesehatan dan dicampur dengan teh atau kopi,” jelas Sobari. (rio/don)