Penataan RW 04 Harendonglembur Tinggal Ditingkatkan

0
296 views

JAWILAN – Hingga kemarin (8/11), RW 04, Kampung Harendonglembur, Desa pagintungan, Kecamatan Jawilan, belum siap untuk dinilai. Persiapannya di Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2020 belum maksimal. Namun, warganya mengaku tetap percaya diri.

“Persiapan kami memang tidak begitu maksimal, tapi kami tidak terlalu pusing, karena hasil penataan tahun lalu (saat mengikuti LKBA 2019-red) masih ada dan dirawat oleh warga. Kami juga akan melakukan beberapa peningkatan lainnya untuk LKBA tahun ini,” jelas Ketua RT 012 RW 04 Supri, Minggu (8/11).

Ia mengatakan, hasil penataan kampung tahun 2019, di antaranya, penghijauan dan pemagaran masih ada dan bisa dikompetisikan di lomba tahunan antar-RW ini. Warga tinggal merapikan tanaman hias dan bunga yang ditanam langsung di pinggir jalan. Serta, mengecat ulang pagar bambu di kampungnya.

Tanaman untuk penghijauan di kampung ini, lanjur Supri, juga akan ditambah. “Pot-pot itu untuk bunga-bunga yang baru, sedangkan yang sudah ditanam tahun lalu tumbuh subur karena dirawat warga,” ujarnya.

“Dari hasil penataan tahun lalu, yang habis itu taman karena dimakan ternak. Kami belum sempat memberitahu warga yang punya ternak, eh kerbaunya sudah keburu masuk dan merusak taman yang kami buat. Di penilaian kedua nanti, kami akan membuat taman baru,” terang Supri.

Jemah, istri dari Kepala Desa Pagintungan, mengakui jika persiapan RW 04 terlambat akibat perangkat desa disibukkan dengan kegiatan penanganan Covid-19, sehingga tidak fokus mendorong warga penataan. ”Tapi warga di kampung itu (RW 04-red) setiap minggu sudah rutin gotong royong. Kesadaran mereka untuk penghijauan juga cukup bagus,” katanya menilai.

Pemerintah Desa Pagintungan, lanjut Jemah, juga akan memberikan bantuan berupa peralatan kebersihan, seperti tempat sampah dan tempat cuci tangan, kepada warga RW 04. “Tempat sampah sudah ada puluhan tong. Kalau tempat cuci tangan, masih kami usahakan,” ujarnya. (rio/don)