Penataan RW 06 Kadukoneng 20 Persen Lagi Selesai

0
347 views

BAROS – Penataan lingkungan RW 06, Kampung Kadukoneng, Desa Tejamari, Kecamatan Baros, diklaim telah mencapai 80 persen. Untuk merampungkannya, warga tinggal mendekorasi lingkungan, membuat tempat sampah, dan merapikan dua taman.

“Yang belum itu pembuatan taman dan tempat sampah. Taman dibuat dua, satu taman bunga dan satunya taman bermain. Kedua taman itu lokasinya juga tidak terlalu jauh. Warga membuat itu semua gotong royong, siang-malam,” terang Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Tejamari Roni Jumroni.

Pencapaian penataan lingkungan RW 06 saat ini, menurutnya, dilaksanakan warga selama satu bulan terakhir. Warga Kadukoneng telah membuat gapura, melakukan pemagaran, pengecatan, dan penghijauan.

“Walau sudah kami tata, tapi memang masih ada beberapa kekurangan yang belum dilengkapi oleh warga. Di antaranya, peralatan pos ronda, karena baru kami rapikan saja pos rondanya. Untuk  apotek hidup, sudah dibuat warga. Lokasinya bersebelahan dengan taman,” ujar Roni.

Kini, warga Kadukoneng tengah berupaya membuat tempat pembuangan sampah. “Saya perkirakan sudah mencapai 80 persen. Tempat sampah juga sudah mulai dibuat oleh warga, tetapi agak tersendat karena sering  hujan,” ujar Roni.

Pemerintah Desa Tejamari mengandalkan Kadukoneng. Sebab, perkampungan di dekat Jalan Raya Baros ini diibaratkan sebagai pintu masuk Desa Tejamari.

“Jadi, kampung itu seperti muka Desa Tejamari. Warganya juga kompak, jadi kami dari desa mudah mengarahkannya,” ungkap Nuraeni, Sekretaris Desa Tejamari.

Sementara, Kasi Pemerintahan Kecamatan Baros Maman Sudirman mengatakan, di wilayahnya ada 14 desa. “Semua desa ada kampung yang dijagokan. Penataannya pun saya lihat sangat serius,” pungkasnya. (rio/don)