Agus Riyansah, warga Tanggamus, Lampung Selatan, digiring aparat setelah ditangkap di dek atas kapal.

MERAK – Seorang remaja yang mencuri di KMP Mutiara Persada II, yang sandar di dermaga dua Pelabuhan Merak, Senin (22/2/2016), adalah Agus Riyansah (18). Ia mengaku warga Tanggamus, Lampung Selatan.

Di hadapan penyidik Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Merak, Agus mengakui aksi kejahatannya. Di tangan dia, polisi mendakaptkan barang bukti berupa uang tunai Rp400 ribu dan dua unit telepon genggam. Barang tersebut diambil dari sebuah mobil milik Mathius yang berada di dalam kapal.

“Saya ambil uangnya (korban), terus dompetnya saya buang. Waktu saya sedang duduk di kelas ekonomi di atas (lantai atas kapal), saya ditangkap,” ujar Agus saat menjalani pemeriksaan.

Pemuda yang hanya mengenyam pendidikan hingga kelas dua sekolah dasar ini menuturkan, perbuatannya dilakukan spontan. Saat turun ke area parkir kendaraan dalam kapal, melihat jendela kaca mobil terbuka. “Waktu itu dia (korban) sedang tidur. Saya baru kali ini mencuri. Soalnya terdesak kebutuhan buat makan,” jelas Agus.

Kepala KSKP Merak AKP Nana Supriatna mengatakan, pelaku ditangkap setelah menggeledah penumpang di dalam kapal. “Saat kapal baru sandar, kita minta kepada nahkoda untuk setop pembongkaran. Setelah kita sisir di dek atas kapal, pelaku berhasil kita ringkus,” katanya.

Barang bukti, lanjut Nana, setelah dicocokkan dengan pengakuan korban, betul milik korban. “(Pencurian di atas kapal) ini adalah kejadian pertama di tahun 2016,” tandasnya. (Devi Krisna)