SERANG – Dua pencuri spesialis rumah kosong (rumsong) diringkus polisi di lokasi berbeda, Kamis (23/5) dini hari. Satu unit sepeda motor hasil curian turut diamankan sebagai barang bukti.

Kedua pencuri bernama Kacung (43), warga Lampung dan Sapin (44), warga Pandeglang itu telah lama menjadi incaran polisi. Diduga kedua pelaku telah tiga kali beroperasi di Kabupaten Serang.

Yakni, sebuah rumah warga di Kampung Pandan, Desa Julang, Kecamatan Cikande. Lalu, Kantor Agen Bus PO Selamet, Kampung Baru, Desa Kibin, Kecamatan Kibin dan sebuah rumah warga di Kampung Ciwajik, Desa Kibin, Kecamatan Kibin. Tiga unit motor berhasil digasak pelaku.

“Keduanya telah melakukan pencurian dengan pemberatan khususnya di wilayah hukum Kabupaten Serang sebanyak 3 kali serta beberapa TKP (tempat kejadian perkara-red) wilayah hukum lainnya,” kata Kasatreskrim Polres Serang Ajun Komisaris Polisi (AKP) David Chandara Babega, Jumat (24/5).

Hasil penyelidikan polisi mengarah kepada kedua pelaku. Kacung diamankan di persembunyiannya di Kampung Pasirsalam, Desa Walikukun, Kecamatan Carenang, Kabupaten Serang, Kamis (23/5). “SN (Sapin-red) diamankan di tempat persembunyiannya di Kampung Ciketar, Desa Cipicung, Kecamatan Cikedal, Kabupaten Pandeglang,” kata David.

Polisi mengamankan satu unit motor hasil curian, linggis, gergaji sebagai sarana kejahatan. “Barang bukti ada gergaji, linggis untuk mencongkel pintu. Kemudian kita juga amankan golok dan lakban yang digunakan apabila mereka kepergok korbannya,” papar David.

Polisi masih mengembangkan kasus pencurian tersebut. Penadah motor curian masih diburu polisi. “Kita akan kembangkan (penadah-red),” ujar David.

Kacung dan Sapin kini mendekam di sel tahanan Polres Serang dan dijerat Pasal 363 KUH Pidana. “Ancaman pidananya tujuh tahun penjara,” tuturnya. (mg05/nda/ags)