Pencuri Rumah Kosong Nyaris Diamuk Warga

0
75

KARAWACI – Aksi pencurian rumah kosong (rumsong) yang terjadi di perumahan Nusajaya, Kecamatan Karawaci digagalkan. Pelaku berinisial DR (29) yang bersembunyi di plafon rumah nyaris diamuk warga.

Kapolsek Karawaci Kompol Abdul Salim mengatakan, DR melancarkan aksinya dengan dua pelaku lainnya yang saat ini berstatus daftar pencarian orang (DPO) pada Jumat (20/7) lalu. Kata dia, para pelaku melancarkan aksinya dengan cara merusak pintu rumah menggunakan obeng dan alat lainnya. ”Pelaku melakukan aksinya dengan cara merusak pintu rumah.” ujarnya saat dikonfirmasi melalui telepon, Rabu (25/7).

Abdul mengungkapkan, petugas kemanan sekitar mengetahui saat pelaku melarikan diri setelah melakukan aksinya. Dua pelaku yang saat ini menjadi DPO dan satu lainnya bersembunyi di plafon rumah. ”Kami turun langsung ke TKP dengan dibantu warga setempat. Pelaku yang masih berada di sekitar TKP berhasil diamankan saat bersembunyi di atas plafon rumah korban,” ungkapnya.

Ia menuturkan, DR yang diketahui bersembunyi tersebut nyaris menjadi bulan-bulanan warga. Namun, polisi berhasil mengamankannya dan langsung membawanya ke Polsek. ”Saat ini pelaku berada di markas komando atau kantor Polsek Karawaci. Pelaku lainnya masih dalam pengejaran yang dikembangkan ke wilayah Cengkareng,” tuturnya.

Dari tangan pelaku, petugas berhasil mengamankan satu obeng ukuran besar, satu kunci letter L yang diduga digunakan untuk membongkar gembok, satu unit HT dan satu handphone. Pelaku dijerat Pasal 363 jo Pasal 53 KUHP yang ancamannya paling lama lima tahun penjara.

Sementara itu, DR mengaku melakukan aksi pencurian rumsong itu bersama dua rekannya yang berhasil kabur. ”Saya beroperasi sama A dan B. Mereka sudah kabur duluan,” ujarnya. (Hairul Alwan/RBG)