Suasana ruang pendaftaran bakal caleg di KPU Pandeglang, Senin (9/7).

PANDEGLANG – Pendaftaran bakal calon anggota legislatif (bacaleg) masih sepi. Sejak dibuka Rabu (4/7) lalu hingga kemarin (9/7) belum ada yang daftar. Padahal, petugas dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pandeglang sudah standby sejak hari pertama dibuka.

Kepala Sub Bagian (Kasubag) Teknis dan Hubungan Publikasi dan Masyarakat (Hupmas) KPU Kabupaten Pandeglang Nurul Jannah mengatakan, belum adanya pengurus partai politik (parpol) yang menyerahkan berkas pengajuan bacaleg itu disebabkan berkas para bacaleg belum lengkap. Misalnya, pembuatan surat keterangan bebas gangguan jiwa, surat keterangan catatan kepolisian (SKCK), surat keterangan tidak pernah dipidana, dan lainnya.

“Ya, sampai saat ini belum ada satu pun parpol yang menyerahkan berkas usulan bacaleg. Mungkin akibat administrasi persyaratan sebagai seorang bacaleg belum pada selesai,” kata Nurul ditemui di ruang kerjanya, Senin (9/7).

Nurul memprediksi, para pengurus parpol peserta pemilu akan memasukkan berkas usulan nama-nama bacaleg pada akhir pekan mendatang. “Hasil koordinasi yang kami lakukan dengan sejumlah pengurus parpol, diperkirakan pengusulan bacaleg rata-rata akan mengajukan nama-nama calegnya pada 14 Juli mendatang,” katanya.

Staf Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Pandeglang Wahyudin membenarkan, berdasarkan pengawasan secara langsung di kantor KPU Kabupaten Pandeglang, belum satu pun parpol yang menyerahkan berkas bacaleg. “Ya, hari ini (kemarin-red) saya yang piket mengawasi pengusulan bacaleg, tapi buktinya nihil. Satu pun parpol belum ada yang menyerahkan berkas usulan bacaleg,” katanya.

Dihubungi melalui telepon seluler, Wakil Ketua Bidang Organisasi Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Kabupaten Pandeglang Nana Suryana mengaku, belum bisa melakukan pengusulan berkas bacaleg lantaran sejumlah pengurus parpol dan para bacaleg masih mengurus berkas medical check-up di RSUD Berkah. “Mudah-mudahan hari ini (kemarin-red) selesai berkas medical check-up tersebut. Kalau semuanya sudah beres, kita akan secepatnya melakukan pengusulan nama-nama bacaleg itu ke KPU,” katanya. (her/zis/dwi/RBG)