Tim seleksi calon anggota KPU kabupaten kota saat menggelar keterangan pers di media center KPU Provinsi Banten, Jumat (23/2).

SERANG – Jumlah peserta seleksi calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) belum memenuhi target minimal jumlah peserta. Hingga akhir pendaftaran kemarin, Senin (12/3) pendaftar mencapai 25 orang, sedangkan targetnya 40 peserta.

Akibat kondisi itu, Tim Seleksi calon anggota KPU kabupaten/kota memperpanjang masa pendaftaran untuk calon anggota KPU Kota Cilegon dan Kota Tangerang Selatan (Tangsel) hingga 20 Maret 2018.

“Sesuai peraturan KPU bisa diperpanjang selama satu minggu. Kita konsultasi dulu berapa hari kita diberikan untuk perpanjangan pendaftaran,” ujarnya saat dikonfirmasi melalui telepon, Selasa (13/3).

Dijelaskan Suwaib, pihaknya berharap dengan diperpanjangnya masa pendaftaran dapat memenuhi kuota yang disyaratkan dalam aturan KPU. “Insya Allah kita target bisa sampai 30 pendaftar untuk dua daerah itu,” jelasnya.

Dijelaskan Suwaib, dalam proses pendaftaran, banyak peserta mendaftar jelang akhir masa pendaftaran. Beberapa diantaranya bahkan melewati jam yang telah ditetapkan.

“Kan terakhir jam 4 sore, tapi karena suatu halangan, misalnya karena terjebak macet atau jarak yang jauh yang dari Tangerang, Pandeglang, ada yang lewat dari jam itu. Kita gunakan asas kemanusiaan saja, kan sudah jauh datang untuk mendaftar

Berdasarkan data yang dihimpun dari Tim Seleksi Calon Anggota KPU kabupaten kota, pendaftar seleksi untuk KPU Kota Cilegon sebanyak 23 orang. Sedangkam tiga daerah lainnya, Kabupaten Pandeglang sebanyak 72 orang, Kabupaten Tangerang sebanyak 53 orang, dan Tangerang Selatan 25 orang.

“Cilegon memenuhi syarat karena anggota KPU terbaru hanya tiga orang,” ujar Sekretaris Timsel Calon Anggota KPU kabupaten kota Maman Suherman saat dikonfirmasi melalui pesan singkat, Senin (12/3).

Mengacu pada tahapan seleksi yang telah disusun Timsel, setelah pendaftaran ini, hingga 20 April timsel akan meminta tanggapan masyarakat. Seiring dengan proses tersebut, timsel pun akan melakukan tahapan lain seperti penelitian administrasi peserta pada 5 hingga 15 Maret, rapat penetapan calon anggota yang lolos tahap administrasi pada 16 Maret, dan mengumumkan peserta yang lolos tersebut pada 19 hingga 21 Maret.

Peserta yang lolos tahap administrasi akan mengikuti tes tulis pada 26 Maret. Pada hari itu juga akan diumumkan hasil tes tersebut.

“27 Maret hingga 29 Maret akan dilakukan tes psikologi, hasilnya akan diumumkan pada tanggal 3 hingga 5 April. Setelah itu, pada tanggal 6 nya hingga tanggal 12, peserta akan menjalani tes kesehatan,” papar Suwaib.

Berselang empat hari, peserta akan mengikuti tes wawancara hingga 19 April, dan hasil tes tersebut beserta tes kesehatan akan diumumkan pada 21 April hingga 25 April.

“Pada tanggal 2 hingga 28 April timsel akan melaporkan nama calon anggota KPU kabupaten kota ke KPU RI,” tuturnya. (Bayu Mulyana/coffeandchococake@gmail.com)