Pendapatan Pajak Pemkab Lebak Triwulan Kedua Rp44,7 Miliar

0
150 views
Kepala Bapenda Kabupaten Lebak Hari Setiono meninjau ruang pelayanan wajib pajak di kantor Bapenda Lebak. Foto Dok Radar Banten

RANGKASBITUNG – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Lebak berhasil merealisasikan penerimaan pajak daerah pada triwulan II tahun ini. Nilainya sebesar Rp44,7 miliar atau 58,24 persen dari target Rp76,9 miliar.

“Saya optimis target penerimaan pajak dearah akan terlampaui pada akhir tahun 2019 yang akan datang,” kata Kepala Bapenda Kabupaten Lebak Hari Setiono, Kamis (1/8).

Dia menjelaskan, capaian pendapatan Rp44,7 miliar itu berasal dari pajak hotel sebesar Rp275 juta lebih, pajak restoran Rp4,5 miliar, pajak hiburan Rp120 juta, pajak reklame sebesar Rp650 juta, pajak penerangan jalan Rp18 miliar, pajak mineral bukan logam dan batuan Rp17,8 miliar lebih, pajak parkir Rp166 juta lebih, pajak air tanah Rp135 juta, pajak penghasilan burung sarang walet sebesar Rp2,9 juta, pajak PBB mencapai Rp21,2 miliar lebih dan pajak Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) sebesar Rp14 miliar.

“Bapenda akan berupaya memaksimalkan realisasi penerimaan pajak daerah pada 2019,” ucapnya.

Hari berjanji, akan melakukan evaluasi rutin terhadap penerimaan pajak daerah. Jika ada yang masih kurang, instansinya akan melakukan koordinasi dengan instansi terkait, seperti pemerintah kecamatan dan desa untuk menggenjot penerimaan PBB P2.

“Kita pun gencar melakukan sosialisasi agar masyarakat taat membayar pajak,” ungkapnya.

Hari mengklaim, target PAD tahun 2019 ini meningkat dibanding dengan tahun 2018 yang hanya sebesar Rp64,4 miliar lebih. “Tahun 2018 kemarin, dari target Rp64,4 miliar lebih kita tercapai atau surplus. Karenanya, kita optimis tahun ini bisa tercapai,” katanya.

Sementara itu, Asda Bidang Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Pemkab Lebak Lebak Budi Santoso, mengingatkan agar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bertanggung jawab melakukan optimalisasi sektor PAD. Sehingga, pada akhir tahun bisa tercapai target seluruhnya.

“Apa yang diperoleh dari sektor PAD ini, digunakan untuk membangun Kabupaten Lebak menjadi lebih baik. Saya optimis PAD yang dibebankan kepada Bapenda Lebak dapat tercapai di akhir tahun nanti,” katanya. (nce/zis)