Penderita Diabetes, Coba Konsumsi Enam Makanan Ini

PENDERITA diabetes atau kencing manis diharuskan bisa mengatur pola makan mereka sebaik mungkin, baik dari segi jumlah, jadwal maupun jenis makanannya. Kurangnya jumlah insulin membuat penderita diabetes harus berhati-hati agar kadar gula atau glukosa dalam darah mereka tidak melonjak.

Berikut beberapa makanan yang wajib dikonsumsi pengidap diabetes setiap harinya, seperti dilansir laman Prevention, Minggu (26/6).

1. Kacang.

Kacang tinggi serat, senyawa tanaman yang membantu Anda merasa kenyang, gula darah stabil dan bisa menurunkan kolesterol. Kacang mengandung kalsium, mineral yang bisa membantu membakar lemak tubuh.

Dalam ½ cangkir kacang putih, Anda akan mendapatkan hampir 100 mg kalsium-sekitar 10 persen dari asupan harian Anda. Kacang juga mengandung sumber protein yang sangat baik.

2. Susu.

Anda tidak akan menemukan sumber yang lebih baik dari kalsium dan vitamin D untuk penderita diabetes selain dari susu seperti, keju cottage dan yogurt.

Satu studi menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi lebih dari 1.200 mg kalsium dan lebih dari 800 IU vitamin D per hari, 33 persen lebih kecil kemungkinan diabetes berkembang.

3. Salmon.

Salmon merupakan sumber yang kaya omega-3 asam lemak, yakni lemak sehat yang mengurangi risiko penyakit jantung, mengurangi ukuran pinggang Anda. Serta mengurangi peradangan dan meningkatkan resistensi insulin. Salmon juga merupakan salah satu sumber non-dairy terbaik dari vitamin D.

4. Ikan Tuna.

Sebanyak tiga ons tuna mengandung 1.300 mg omega-3 dan sejumlah vitamin D. Tapi tuna bisa mengandung merkuri tinggi, senyawa yang menyebabkan masalah neurologis dalam dosis besar. Agar dalam batas aman, membeli tuna kalengan dan membatasi asupan tuna hanya 12 ons seminggu.

5. Barley.

Barley kaya jenis serat larut yang disebut beta-glukan. Penelitian menunjukkan beta-glucan bisa menurunkan kolesterol total dan LDL dengan mencegah kemampuan tubuh Anda untuk menyerap itu.

Peneliti menemukan mengonsumsi hanya tiga gram sehari barley bisa menurunkan kolesterol sebesar delapan persen. Barley juga membantu menenangkan gula darah Anda.

6. Oats.

Seperti barley dan kacang-kacangan, gandum adalah makanan untuk para penderita diabetes.

Penelitian menunjukkan bahwa oat juga lebih rendah kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan resistensi insulin. (fny/chi/jpnn)