Pendidikan 210 Calon Bintara Polda Banten Dimulai

0
122
Ilustrasi: tribratanews.banten.polri.go.id

PANDEGLANG – Sebanyak 210 calon bintara Polda Banten mulai melaksanakan pendidikan selama tujuh bulan ke depan. Kemarin (6/8), upacara pembukaan Pendidikan dan Pembentukan (Diktuk) Bintara Polri angkatan XLIV dilaksanakan di Sekolah Polisi Negara (SPN) Mandalawangi, Pandeglang.

Upacara itu dipimpin langsung oleh Kapolda Banten Irjen Pol Tomsi Tohir. Selain dihadiri ratusan calon bintara Polri, hadir para pejabat utama (PJU) Polda Banten, kapolres dan jajaran, dan orangtua siswa bintara. 

Tomsi mengatakan, kualitas personel yang unggul merupakan aspek penting mewujudkan keberhasilan pelaksanaan tugas Polri. Melalui program pendidikan ini Tomsi berharap lahir personel yang unggul pada bidang pengetahuan dan keterampilan.

“Terlebih ke depan, tantangan yang dihadapi Polri akan semakin kompleks. Hal ini tidak dapat dipisahkan dari berbagai dinamika dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” kata Tomsi membacakan sambutan tertulis Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian.

Tomsi percaya kualitas sumber daya manusia adalah kunci untuk meningkatkan daya saing dalam mewujudkan kemajuan dan kesejahteraan bangsa. “Sejarah telah menunjukkan, transformasi negara-negara berkembang menjadi negara maju, tidak dapat dipisahkan dari ketersediaan sumber daya manusia yang berkualitas, seperti yang telah dilaksanakan oleh negara Jepang, Korea Selatan, dan Singapura,” kata Tomsi.

Tomsi menegaskan seluruh calon bintara harus disiplin dan berintegritas dengan berpedoman kepada Tribrata dan Catur Prasetya. “Patuhi seluruh peraturan yang berlaku, serta hindari pelanggaran dan perilaku yang dapat merusak kehormatan pribadi, keluarga, dan institusi,” kata Tomsi seusai upacara 

Dikatakan Tomsi, seluruh calon bintara akan mengikuti pendidikan fisik, mental, dan akademis selama tujuh bulan. Oleh karena itu, Tomsi berpesan seluruh siswa menjaga kesehatan. “Siapkan segala sesuatu dengan sebaik mungkin, agar proses belajar mengajar bisa berjalan dengan baik,” ucap Tomsi usai upacara.

Selama tujuh bulan, 200 calon bintara laki-laki akan mengikuti pendidikan di SPN Mandalwangi. Sementara, 10 calon bintara wanita mengikuti pendidikan di Sepolwan Ciputat. (nda/ags)