Penerima Rastra di Kabupaten Serang Berkurang Tahun Ini

0
578 views
Kepala Bulog Sub-Divre Serang, Sony Supriyadi.

SERANG – Kepala Badan Urusan Logistik (Bulog) Sub-Divre Serang, Sony Supriyadi menyebutkan, tahun 2017 ini penerima beras sejahtera (rastra) di Kabupaten Serang berkurang.

“Saat ini raskin (beras miskin) atau rastra yang kita salurkan di Kabupaten Serang hanya 53.247 karung atau secara tonase hanya 800 ton saja. Kalau digabungkan dengan penyaluran di Kota Serang dan Kota Cilegon itu 1.000 ton,” katanya.

Berkurangnya jumlah penerima rastra tersebut, dikarenakan saat ini sudah diterapkannya e-voucher yang sudah mulai diberlakukan di bulan Februari 2017. “Saat ini penerima e-voucher sudah berjumlah 13.690 keluarga. Misalnya di Cilegon, yang kami berikan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang terdapat pengurangan yakni tahun lalu sebanyak 1.300 keluarga, namun tahun ini hanya 1.000 keluarga. Konsekuensinya kan sekarang hanya 10kg beras saja, kalau tahun lalu masih 15kg, maka dari itu kuantum kami berkurang, karena pusat menginginkan agar bantuan tersebut lebih tepat sasaran,” ujarnya.

Menurutnya, meskipun telah diberlakukannya pembagian rastra melalui e-voucher tersebut, dinilai belum secara efektif dapat diterima oleh masyarakat. “Kita rasa belum, karena data penerima sebenarnya ada 26.000, nah di lapangan baru ada 6.000 yang sudah memiliki kartu. Kami melayani data yang bersumber dari Dinas Sosial dan perbankan yang juga bersumber dari data TNP2K (Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan),” ungkapnya. (Wirda)