Penetapan APBD Banten 2017 Menunggu Perda SOTK Baru

0
653 views
Sekda Banten Ranta Soeharta.

SERANG – Sekretaris Daerah Provinsi Banten Ranta Soeharta mengungkapkan, penetapan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Banten tahun anggaran 2017, yang direncanakan 30 November 2016, baru  bisa dilakukan setelah penetapan Perda Struktur Organisasi Tata Kerja (SOTK)  Provinsi Banten yang baru.

Ranta  menjelaskan, penyusuan perubahan SOTK sedikit lambat karena harus menyesuaikan dengan instruksi yang ada di Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentang perangkat daerah, yang menjadi dasar hukum perubahan SOTK.

Dari 34 provinsi di Indonesia, lanjut Ranta, baru 10 provinsi yang selesai menyusun perda perubahan SOTK, satu di antaranya Banten. Saat ini Pemprov Banten sedang menyusun personel aparatur yang akan mengisi SOTK baru.  “Itu masih dikaji di BKD (Badan Kepegawaian Daerah,” ujar Ranta usai menghadiri peringatan Hari Kesetiakawanan Nasional (HKSN) di Markas Grup I Kopassus Serang, Rabu (7/12).

“Perdanya kan sudah, sekarang masih diregistrasi di Kemendagri. Tapi kita tadi pagi (kemarin pagi-red) sudah rapat, tupoksinya ada yang belum, tinggal penguatan tupoksi. Itu di Biro Organisasi,” tambahnya.

Menurut Ranta,  pelantikan pejabat di struktur baru ditargetkan pada akhir Desember,  namun tidak menutup kemungkingan Januari 2017. (Bayu)