Penetapan Sebagai KTN Jadi Fondasi LKBA

0
294 views

PETIR – Kampung Susukanjero, tepatnya RW 01, Desa Kampung Baru, Kecamatan Petir, telah ditetapkan sebagai Kampung Tangguh Nusantara (KTN) Kalimaya. Hasil pembenahan kampung ini di program Polri itu, sekaligus menjadi modal mengikuti Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2020.

“Kampung kami ditunjuk untuk Kampung Tangguh Nusantara, jadi kami tinggal meneruskan penataan kampung kami. Fondasi awal penataan adalah dari Kampung Tangguh Nusantara,” jelas M Rusla, penggerak warga Kampung Susukanjero.

Saat ini, jalanan di RW 01 telah dilengkapi pagar bambu. Pos rondanya juga telah dibenahi, meskipun peralatan keamanannya belum dilengkapi.

“Pemagaran akan kami tambah. Penghijauan juga akan kami tingkatkan, karena masih kurang. Baru di beberapa rumah yang sudah mulai penghijauan. Tanamannya akan lebih fokus di sayuran, karena hasilnya bisa langsung dimanfaatkan oleh warga,” jelas Rusla.

Edi, Pjs Kepala Desa Kampung Baru, menjelaskan bahwa salah satu kelebihan Kampung Susukanjero adalah kekompakan warganya. “Warga Susukanjero juga antusias. Kami, dari pemerintah desa, bisa dengan mudah mengarahkan warga untuk menata kampungnya di Lomba Kampung Bersih dan Aman,” ujarnya.

“Untuk saat ini kami masih fokus di Kampung Susukanjero dulu. Nanti kampung lain seperti Nagarapadang juga akan kami dorong warganya untuk melakukan penataan,” tutup Edi. (rio/don)