Pengamanan Mudik 2016, Polda Banten Terjunkan 3.000 Personel

Kapolda Banten, Brigjen Pol Ahmad Dofiri.
Kapolda Banten, Brigjen Pol Ahmad Dofiri.

SERANG – Kapolda Banten, Brigjen Pol Ahmad Dofiri mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan sebanyak 3.000 personel untuk pengamanan mudik Lebaran tahun ini. Personel itu gabungan dari Polda Banten bekerja sama dengan Polres-polres di wilayah jalur mudik di Banten.

“Yang kita akan amankan yakni jalur mudik dan jalur wisata. Jalur mudik di sini yang kita akan persiapkan meliputi Pelabuhan Penyeberangan Merak, yang nanti kepadatannya pasti ketika arus mudik,” ungkapnya, Selasa (14/6).

Pada jalur wisata, lanjutnya, pihaknya akan memulai pengamanan pada Lebaran hari kedua sampai dengan masa libur yang diprediksikan akan terjadi kepadatan di tempat-tempat wisata yakni pantai-pantai seperti Anyer hingga Labuan.

“Nah itu yang menjadi fokus pengamanan kita untuk menurunkan personel. Untuk yang di Merak dan di Anyer, kita sudah koordinasi jauh-jauh hari dengan pihak ASDP Merak. Pihak ASDP sudah, kapal-kapal dan loket-loket untuk pembelian tiket, begitu juga nanti penyediaan tiket ASDP yang disiapkan di rest area baik di Balaraja dan Serang sendiri,” katanya.

Selain itu, ia mengatakan, bahwa pihaknya sudah berkoordinasi dengan Satpol PP untuk menertibkan pasar-pasar tumpah yang nanti diprediksi akan memadati badan jalan. “Kita juga akan terjunkan anggota-anggota kita untuk pengamanan dan penertiban di sana. Misalnya juga nanti di pelabuhan tidak dapat menampung kepadatan kendaraan, kita juga akan siapkan kantong-kantong parkir setiap keluar tol, semua itu akan kita laksanakan pada H-5” tandasnya. (Wirda)