Pengamanan Natal dan Tahun Baru, Sekaligus Antisipasi Ancaman Teroris

0
460 views

SERANG – Mulai 23 Desember 2016 hingga 1 Januari 2017, Polda Banten bekerja sama dengan TNI dan pemerintah daerah menggelar Operasi Lilin Kalimaya 2016 dalam rangka pengamanan Natal dan tahun baru 2017.

Kapolda Banten Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo mengatakan, operasi ini mengedapankan tindakan pencegahan dan pengawasan yang didukung kegiatan intelijen, penegakan hukum yang profesional dan pengendalian sosial yang bersifat kuratif dalam mengeleminir setiap gangguan kemanan dan ketertiban masyarakat.

“Operasi ini dalam rangka menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat pada perayaan atal dan tahun baru 2017,” ujar Sigit, Rabu (21/12).

Sigit melanjutkan, selain menitikberatkan pada antisipasi berbagai potensi gangguan kamtibmas, Operasi Lilin Kalimaya tahun ini fokus antisipasi penanggulangan ancaman terorisme dan konflik sosial bernuansa SARA yang berpotensi menimbulkan tindakan anarkis.

“Ancaman tersebut tercermin dari semakin berkembangnya aktivitas jaringan terorisme dan kelompok radikal. Nanti sebanyak 1.209 personel Polda Banten dan 300 personel TNI serta 2.092 personel dari intansi terkait lainnya akan diterjunkan,” ujarnya.

Aparat gabungan tersebut, lanjut Sigit, akan membangun 33 pos pengamanan dengan sarana CCTV yang ditempatkan di lokasi rawan kamtibmas dan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas. (Bayu)