Pengamanan Pilkada, Kapolres Larang Anggota Nonton Piala Dunia

TIGARAKSA – Kapolres Kota Tangerang untuk sementara ini melarang anggotanya menonton gelaran Piala Dunia 2018. Kapolres ingin semua anggotanya konsentrasi dalam pengamanan Pilkada Kabupaten Tangerang 2018 yang akan dihelat pada Rabu (27/6).

Kapolres Kota Tangerang Kombes Pol Sabilul Alif menjelaskan, pihaknya sudah menginstruksikan kepada jajarannya tidak menonton pertandingan sepak bola Piala Dunia pada jelang hari pelaksanaan pilkada. ”Pasti mengganggu stamina. Bisa-bisa mengantuk nanti. Makanya, saya minta anggota untuk fokus pada prosesi pilkada,” kata Sabilul kepada Radar Banten, Senin (25/6).

Sabilul mengatakan, pihaknya ingin polisi selama pemungutan suara pemilihan bupati dan wakil bupati Tangerang 2018-2023 siaga dan fokus dalam menjalankan tugas. ”Saya minta fokus agar tidak terjadi gangguan pada hari pemilihan,” terangnya.

Pada pemilihan, pihaknya akan melakukan monitoring ke semua TPS. Jika ditemukan ada anggota yang mengantuk atau tidak fokus dalam tugasnya, dirinya akan langsung memberikan teguran. ”Bahkan saya akan langsung mengganti anggota yang tidak siap dengan anggota yang siap dalam menjalankan tugas pengamanan,” katanya.

Selain itu, Sabilul Alif, juga meminta kepada seluruh anggotanya supaya tetap waspada di semua tempat pemungutan suara (TPS), namun tetap mengedepankan sikap humanis dan menjalin komunikasi dan koordinasi yang baik terhadap tokoh-tokoh masyarakat.

Untuk pengamanan, sambung dia, pihaknya mengerahkan ribuan personel yang disebar di 2.801 TPS. ”Ada sebanyak 650 personel Polres dan Polsek, ditambah 439 personel BKO dari Polda Banten, 100 personel Brimob, Linmas, 464 personel dari Satpol PP dan 800 personel dari TNI,” ujarnya.

Adapun langkah yang akan dilakukan, kata Sabilul, jajarannya akan berkomunikasi dan berkoordinasi dengan tokoh-tokoh masyarakat serta petugas TPS. ”Itu salah satu langkah untuk menjaga kondusifitas selama pemungutan suara hingga selesai pilkada nanti,” pungkasnya. (Mulyadi/RBG)