Pengelola Pantai Sawarna Bersih-bersih Sambut New Normal

0
1.020 views

LEBAK – Pengelola Pantai Sawarna bersama masyarakat dan pegiat wisata menggelar gotong royong membersihkan sampah menyambut kebijakan new normal yang akan diberlakukan pemerintah, Minggu (7/6). Sampah plastik, kayu, dan daun yang berserakan di pesisir pantai dikumpulkan dan dibakar agar tidak mengotori pantai.

Pegiat wisata Pantai Sawarna Erwin Komara Sukma menyatakan, sekarang obyek wisata di Lebak masih ditutup pemerintah daerah bagi wisatawan. Tujuannya mencegah dan memutus rantai penyebaran Covid-19 kepada masyarakat dan wisatawan lain yang berkunjung ke Lebak. Tapi, dalam waktu yang tidak lama lagi, tempat wisata di Lebak bakal dibuka untuk umum.

“Pengelola bersama masyarakat dan pegiat wisata di Sawarna inisiatif membersihkan sampah jelang new normal. Kita ingin, wisatawan yang datang aman, nyaman, dan mendapatkan kesan yang baik setelah berwisata ke sini,” kata Erwin Komara Sukma kepada Radar Banten, Minggu (7/6).

Destinasi wisata Pantai Sawarna merupakan satu dari enam tempat wisata unggulan di Kabupaten Lebak. Tiap tahun, ratusan ribu orang berkunjung ke pantai yang berada di wilayah Lebak bagian selatan ini. Hamparan pasir putih dan batu karang yang indah menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

“Kita juga mengapresiasi komitmen pemerintah daerah dalam pembangunan industri pariwisata di daerah. Tiap tahun, pemkab menggelontorkan anggaran miliaran rupiah untuk mendukung pariwisata di Lebak selatan,” jelasnya.

Terpisah, pengelola pemandian air panas alam Tirta Lebak Buana Cipanas Manik Pramanik Nurman mengaku, penataan dan pembenahan tempat wisata terus dilakukan selama masa penutupan. Dia berharap, pemerintah segera membuka kembali tempat wisata yang ada di 28 kecamatan. Sehingga ekonomi pelaku wisata di Lebak bisa kembali bangkit.

“Harapan kami, Pemkab segera membuka kembali obyek wisata di Lebak. Karena masyarakat jenuh di rumah dan mereka ingin berlibur,” harapnya.(Mastur)