Cipta Karya dalam rangka mendukung pembangunan infrastruktur yang merata dan mensejahterkan rakyat, turut serta dalam pembagunan Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Lesung Provinsi banten. Pemerataan sarana dan infrastruktur yang memadai guna meningkatkan perekonomian masyarakat daerah menjadi misi khusus Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Direktorat Jendral Cipta Karya.

petaciptakarya.jpg

Pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung diharapkan menjadi poros kemajuan Provinsi Banten dalam mensejahterakan masyarakatnya. KEK diharapkan akan selesai pada tahun 2015, agar Banten bangkit diperlukan percepatan pembangunan infrastruktur berbasis penataan ruang. Percepatan pembangunan kawasan pengembangan baru seperti, pembangunan kawasan selatan Banten untuk keseimbangan antar wilayah; Pemenuhan kebutuhan infrastruktur dasar untuk peningkatan kualitas kehidupan masyarakat; Percepatan pembangunan konektivitas untuk peningkatan daya saing; dan Pembangunan ekonomi berbasis sumber daya nasional seperti pembangunan waduk, situ dan bendung dalam rangka pencapaian kedaulatan pangan dan ketahanan air serta ketahanan energy akan menjadi poros pembangunan infrastruktur keseluruhan.

petaciptakarya2.jpg

Akses lintas selatan jalan ditargetkan 2019 bisa terhubung mulai dari Tanjung Lesung sampai ke Pelabuhan Ratu, karena disitu banyak pabrik-pabrik industri, dan dari Bayah ke Pelabuhan Ratu juga akan di tingkatkan, itu akan menerus disamping menuju Ciawi, juga lurus menuju Pangandaran dan tersambung ke Jateng dan Jatim. Provinsi Banten sendiri memiliki daerah strategis nasional yang akan digunakan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan Master Plan Percepatan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI). (ADV)