Pengguna Swab Test Palsu Diamankan

0
662 views
Kapolres Bandara Soetta Kombes Pol Adi Ferdian Saputra (dua kanan) bersama petugas KKP Kelas 1 merilis pengungkapan pengguna swab test palsu, di Mapolres Bandara Soetta, Senin (10/8).

TANGERANG – Seorang penumpang asal Pasar Lama Sentani, Jaya Pura, Papua Barat diamankan Polres Bandara Soekarno-Hatta (Soetta). Lelaki berinisial FM (30) diduga menggunakan surat keterangan sehat atau hasil swab test palsu, Selasa (14/7).

FM diamankan saat akan menuju Terminal 3 Bandara Soetta. FM diketahui menggunakan swab test palsu saat pemeriksaan oleh petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas 1 Bandara Soekarno-Hatta di Terminal 3.

“Kasus ini berawal dari kecurigan petugas KKP, tersangka FM hendak kembali ke Papua dengan menggunakan pesawat Garuda GA-656 rute Jakarta-Jayapura. Saat di periksaan, ia mengeluarkan suket palsu,” kata Kapolres Bandara Soetta Kombes Pol Adi Ferdian Saputra kepada Tangerang Ekspres (Radarbantengroup), Senin (10/8).

Kata Adi, berdasarkan laporan petugas KKP, Satreskrim Polres Bandara Soetta membawa FM untuk didalami keterangannya.

“Berdasarkan kecurigaan tersebut, kita langsung mendalami dan melakukan pemeriksaan. Setelah ditelusuri, ternyata surat tersebut palsu,” paparnya.

Kata Adi, swab test palsu itu dibawa oleh FM dan AAU. FM mengakui surat palsu itu diperoleh dari seseorang berinisial A berstatus buron atau Daftar Pencarian Orang (DPO).

“Sementara surat yang berkop Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 tersebut dikeluarkan pada tanggal 13 Juli 2020. Setelah diteliti oleh para ahli, surat tersebut adalah palsu,”ungkapnya.

FM harus mendekam di hotel prodeo Polresta Bandara Soekarno-Hatta. Dia disangka melanggar Pasal 263 dan 268 KUH Pidana atau Pasal 93 Undang-Undang No 6 tentang Kekarantinaan serta Undang-Undang nomor 4 tahun 1984 tentang Wabah Penyakit Menular.

“Ancaman hukumannya enam tahun penjara, kasus ini akan terus kami dalami untuk mengetahui siapa lagi yang terlibat dalam pembuatan suket palsu ini,”tutupnya. (rbnn/nda)