Penghijauan di RT 02 Sayabulu Perlu Ditambah

0
541 views

SERANG – Tanaman di RT 02 RW 07, Lingkungan Sayabulu, Kelurahan Serang, Kecamatan Serang, perlu ditambah. Banyak tanaman di lingkungan ini yang mati. Kurang perawatan.

“Kalau dipersentasi, penataan lingkungan kami sudah 80 persen. Memang, penghijauan masih perlu ditingkatkan lagi. Ruang terbuka hijau (RTH) juga masih perlu kami tingkatkan,” ujar Ketua RT 02 Suryamiharja, Senin (29/6).

Penghijauan di lingkungan ini dilakukan warga tidak dengan menanam langsung tanaman ke dalam tanah. Tetapi, menggunakan pot. Pot-pot tanaman bunga dan tanaman hias telah ditata dari gerbang hingga bagian dalam perkampungan.

“Tapi masih perlu diperbanyak. Selain menggunakan pot, kami juga akan memanfaatkan botol dan kaleng bekas untuk pot gantung,” jelas Suryamiharja.

RT ini telah memiliki RTH. Warga memanfaatkan lahan kosong di lingkungan RT-nya. Namun, belum maksimal penataannya. Belum semua bagian dari lahan ini digunakan untuk RTH.

“Lahan kosong itu kami pinjam dari warga, tepat di belakang pos ronda RT 02. Isinya campuran, dari sayuran sampai tanaman obat,” ungkap Suryamiharja.

Warga RT 02 Ummi Nurasih menjelaskan bahwa RTH di RT-nya khusus untuk menanam tanaman obat. Tapi karena pembuatannya dilakukan bareng-bareng, akhirnya tanaman jenis sayur juga ditanam.

“Tapi di dalam (RTH-red) kami bedakan posisi yang sayuran dengan tanaman obat. Sehingga, warga yang perlu, tau letak tanaman yang mereka perlukan,” terang Ummi. (rio/don)