Penghijauan di RT 07 Kemanisan Umbul Belum Cukup

CURUG – RT 07 RW 03, Lingkungan Kemanisan Umbul, Kelurahan Sukawana, Kecamatan Curug, masih minim penghijauan. Ratusan bibit tanaman bunga yang disebar, belum cukup untuk menghijaukan kampung ini.

Penghijauan belum dilaksanakan sepenuhnya, karena menurut Ketua RT 07 Irsyad, wilayah kampungnya luas. Sehingga, 100 bibit tanaman bunga yang telah disebar di kampung ini, seakan tidak terlihat dampaknya. Bibit yang dibeli pun masih tahap pertumbuhan.

“Kita sengaja beli yang masih kecil, nanti pas penilaian kan sudah tumbuh besar dan berbunga,” harap Irsyad  kepada Radar Banten, Selasa (11/8).

Tanaman bunga, lanjutnya, masih akan ditambah. Warga telah membelinya secara swadaya.

Kebersihan kampung ini cukup terjaga. Di jalan dan rumah-rumah warganya bebas sampah.

Kegiatan ronda malam oleh pemuda RT 07 aktif. Lampu hias di gapura menjadi penanda bahwa kampung ini selalu hidup meski malam hari.

Ketua RT 07 Irsyad mengatakan, antusiasme warganya mempersiapkan penilaian tahap kedua Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020 semakin besar. Ibu-ibu, bapak-bapak, dan pemuda ikut gotong royong.

“Pagi dan siang, biasanya ibu-ibu dan bapak-bapak. Kalau malam, kebanyakan anak muda yang aktif,” kata Irsyad.

Banner berisi foto-foto kegiatan warga saat gotong royong telah dipesan. Kata Irsyad, hal itu untuk memenuhi persyaratan administrasi LRLA.

“Semuanya beres, termasuk SK (surat keputusan-red) kelompok sadar hukum dan sadar lingkungan,” tandasnya.

Lurah Sukawana Uyeh Susanto mengaku, akan sangat bangga jika warganya konsisten menjaga kampungnya tetap bersih, rapi, dan aman. “Harus bisa konsisten, supaya enggak ada sampah menumpuk lagi,” ujarnya. (mg06/don)