Penghijauan Jadi Modal RT 03 Kesawon Baru

0
670 views

SERANG – Untuk penilaian tahap dua Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020, RT 03 RW 03, Lingkungan Kesawon Baru, Kelurahan Terondol, Kecamatan Serang, sudah punya modal. Perkampungan ini hijau.

Penghijauan, menurut Ketua RT 03 Nasrullah, telah menjadi program pengurus RT. Warga melakukannya sejak lama. Karena, warga RT ini hobi bercocok tanam.

“Penghijauan kami sudah lama melakukan sebelum mengikuti lomba kampung resik lan aman. Setiap rumah, saya wajibkan untuk melakukan penghijauan di halamannya. Selain memperindah lingkungan, juga untuk menjaga agar tanah tetap subur dan penyerapan airnya tetap terjaga. Nanti, warga juga akan dibagikan tanaman di polybag. Sekarang masih penyemaian,” jelas Nasrullah, Senin (15/6).

Penataan lingkungan RT ini, diakuinya, baru dilakukan warga setelah merayakan Idul Fitri 1441 Hijriah. Kegiatan warga yang sudah dilakukan, antara lain, pengecatan dan pembangunan gapura lingkungan.

“Pas penilaian awal, kami masih belum ada apa-apa. Ketika tim juri datang, saya sempat nanya kelanjutan lomba tersebut. Setelah diberikan penjelasan, kami baru mulai melakukan penataan,”  kata Nasrullah.

Agar RT-nya terlihat indah, Nasrullah menyebutkan beberapa rencana kegiatan warganya. Di antaranya, pengecatan jalan paving block dan pembuatan taman bermain di lahan milik salah satu warga RT 03. “Kalau untuk taman mah jangka panjang. Kan biayanya lumayan besar,” tuturnya.

Ketua Pemuda RT 03 Kurniawan Mega Putra menambahkan bahwa sesuai kesepakatan, para pemuda kebagian tugas menjaga keamanan lingkungan dengan ronda malam. “Kalau orang tua (ronda malam-red) kan kasihan. Biasanya terkendala dengan rutinitas pekerjaan. Makanya, pemuda yang bertanggung jawab untuk keamanan lingkungan. Tapi kalau ada kegiatan gotong royong, kami juga turun,” jelasnya. (rio/don)