Penghijauan Jadi Perhatian Warga RW 02

0
281 views

CIRUAS – Warga RW 02, Kampung Karanganyar, Desa Singamerta, Kecamatan Ciruas, bakal meningkatkan penghijauan di kampungnya. Persiapan jelang penilaian tahap dua Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2020 itu diakui warga sebagai pemenuhan saran juri saat penilaian tahap pertama.

“Secara umum, masukan dari tim juri adalah penghijauan di lingkungan kami yang masih kurang. Kalau lainnya, sepertinya tidak ada karena hanya itu yang ditekankan oleh juri. Tetapi kami juga akan menambah beberapa inovasi agar kampung kami jadi lebih bagus,” ujar Sofian, Ketua RT 02 RW 02.

Menurutnya, penghijauan di kampungnya sudah dilakukan oleh warga saat menghadapi penilaian tahap pertama. Namun, diakui Sofian, masih kurang karena beberapa warga belum melengkapi halaman rumahnya dengan tanaman.

Soal kebersihan, kata Sofian, warganya sudah sadar. Sehingga, lingkungan kampung ini cukup bersih.

“Ibu-ibu sudah sejak lama rajin bersih-bersih setiap pagi dan sore,” jelasnya.

Mahdum, warga Kampung Karanganyar, juga mengaku jika kebersihan lingkungan kampungnya meningkat sejak mengikuti LKBA. “Selanjutnya, akan ada beberapa peningkatan. Salah satunya penghijauan, karena itu menjadi salah satu masukan dari juri. Kami juga akan mulai melakukan pengecatan agar jadi lebih indah dan meriah,” ungkapnya.

Kegiatan warga menata lingkungan RW 02 ini, diakui Mahdum, merupakan hasil swadaya. Warga disorong untuk mandiri menata kampungnya.

“Murni swadaya warga, jadi mungkin tidak semewah kampung lain, tapi warga kami jadi lebih mandiri untuk menata kampung,” pungkas Mahdum. (rio/don)