Penghijauan OK, Sarana Kebersihan Kurang

0
392 views

KRAMATWATU – Warga RW 06, Kampung Blosong, Desa Serdang, Kecamatan Kramatwatu, seolah tak pernah kehabisan cara untuk membuat kagum juri Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2020. Pada lomba di tahun kedua ini, juri mengapresiasi penghijauan di kampung ini.

Namun sayang, masih ada beberapa hal yang perlu dilengkapi warga terkait sarana dan prasarana kebersihan lingkungan. Yakni, ketersediaan tempat sampah untuk tiga jenis sampah. Organik, nonorganik, dan sampah yang mengandung bahan beracun dan berbahaya atau B-3.

Kendati demikian, perwakilan tim 39 juri LKBA dari Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Tata Bangunan (DPKPTB) Kabupaten Serang Muhammad Husni mengatakan bahwa warga RW 06 sudah mempersiapkan lingkungannya dengan baik. “Sanitasinya bagus, enggak ada tumpukan sampah, tapi tong sampahnya perlu diperbanyak,” katanya kepada Radar Banten saat melakukan penilaian, Kamis (5/11).

Husni menilai, penghijauan dan partisipasi warga juga sangat baik. Meskipun hujan, bapak-bapak dan ibu-ibu beserta  Kepala Desa Serdang Iyos Rosgiyah yang didampingi Kasi Ekonomi dan Pembangunan Kecamatan Kramatwatu Mamak Abror ikut menyambut tim juri dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Mereka memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun di tempat yang telah disediakan.

“Di penilaian tahap kedua nanti, tong sampah harus lengkap. Terus dijaga kebersihan dan penghijauannya,” Husni menyarankan.

Perwakilan juri lainnya, Pelda Samsudin Sunu menilai bahwa tingkat keamanan lingkungan RW 06 cukup bagus. Pos ronda sudah dilengkapi alat keamanan, sarana protokol kesehatan juga sudah tersedia.

“Keamanannya bagus, tinggal nanti lebih diperbanyak tempat mencuci tangan. Jangan hanya di dekat pos ronda saja,” katanya.

Samsudin juga mengapresiasi partisipasi warga RW ini dalam menata kampungnya. Ia berharap, pada penilaian tahap kedua nanti, penilaian keamanan kampung ini bisa lebih ditingkatkan. (mg06/don)