Penghitungan Manual Selesai, Rano-Embay Unggul di Kota Serang

0
516 views

SERANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Serang telah menyelesaikan proses rekapitulasi hasil penghitungan suara manual Pilgub Banten 2017. Hasilnya, pasangan calon gubernur dan wakil gubernur nomor urut dua Rano Karno-Embay Mulya Syarief unggul 10 persen dari pasangan nomor urut satu Wahidin Halim-Andika Hazrumy.

Hal itu dikatakan komisioner KPU Kota Serang, Fierly MM usai rapat pleno di D’Gria Hotel, Kebon Jahe, Kota Serang, Kamis (23/2). “Berdasarkan data, pasangan Wahidin Halim-Andika Hazrumy memperoleh sebanyak 123.803‎ suara. Sedangkan pasangan Rano-Embay meraih 153.638‎ suara atau unggul sebanyak 29.835 suara. Dari total DPT sebanyak 455.291 orang, yang menggunakan hak suaranya hanya 290.486. Untuk suara sah sebanyak 277.441, sedangkan tidak sah sebanyak 13.045 suara. Di luar jumlah DPT yang menggunakan suket (surat keterangan) 5.085 suara dan yang pindahan secara keseluruhan 1.208 dari TPS yang satu ke TPS yang lainnya. Baik dari kecamatan satu ke kecamatan lainya,” ujarnya.

Fierly menjelaskan, proses penghitungan berjalan lancar tanpa adanya protes yang berarti dari para saksi kedua pasangan calon. “Memang tadi ada koreksi di tiga kecamatan, namun koreksi itu tidak merubah hasil suara. Hanya ada input data yang salah saja,” ujar Fierly seusai penghitungan pada awak media.

Dia mengungkapkan, bahwa pada Pilgub Banten 2017 jumlah partisipasi pemilih mencapai 62 persen. Bahkan untuk penyandang disabilitas dari total 108 orang, 82 orang menggunakan hak pilih. Hasil perolehan suara tersebut, nantinya akan dilaporkan ke KPU Provinsi Banten guna dilakukan rekapitulasi manual tingkat Provinsi.

Sementara itu, proses jalannya rekapitulasi tersebut dilakukan pengawalan ketat oleh pihak kepolisan dan TNI yang disebar di sekitaran lokasi rapat pleno di D’Gria Hotel, Kebon Jahe, Kota Serang. (Ade F)