Pengisian Kepala Sekolah Mendesak

SERANG – Pengisian kepala sekolah tingkat SMA/SMK negeri di Banten mendesak. Apalagi, kepala sekolah mempunyai peran vital di sekolahnya.

Anggota DPRD Provinsi Banten Fitron Nur Ikhsan mendorong Pemprov Banten untuk segera mengisi jabatan kepala sekolah yang kosong. “Ini bukan hal sepele tapi sesuatu yang penting, karena satu tahun saja membuat sekolah tidak fokus, sama saja dengan mempersiapkan masa depan pendidikan kita tidak berkualitas,” ujar Fitron saat monitoring SMAN 2 Kota Serang, Rabu (11/9).

Fitron mengatakan, berdasarkan kesimpulannya usai memonitoring sejumlah sekolah adalah fungsi vital kepala sekolah luar biasa. Diharapkan peran dan beban kepala sekolah jangan sampai di luar kemampuan, terutama mengelola lebih dari sekolah. Lantaran seperti diketahui, ada sejumlah kepala sekolah yang juga menjadi pelaksana tugas (Plt) di sekolah lainnya karena jabatan kepala sekolah kosong.

“Kalau sudah tidak fokus, sekolah tidak punya keunggulan kompetitif,” tandasnya.

Padahal kualitas sekolah itu sangat ditentukan keunggulan kompetitif. Keunggulan kompetitif itu didapatkan dari peran kepala sekolah melihat potensi murid dan guru. Makanya tidak bisa keunggulan kompetitif antar sekolah tidak bisa disamakan.

Kata dia, sudah saatnya juga Pemprov melihat sekolah tidak hanya dari pembiayaan saja, tapi juga kualitas. “Banyak sekolah kita yang punya keunggulan lokal. Bagaimana Pemprov bisa mendesiminasikan dan menularkan sekolah bagus,” ujar politikus Partai Golkar ini.

Berdasarkan pantauannya ke beberapa sekolah, terdapat banyak sekolah yang mempunyai keunggulan lokal yang harus didesiminasikan.

Sementara, hal terpenting pokok dari kualitas sekolah adalah kepala sekolah. Untuk itu, pengisian jabatan kepala sekolah yang masih kosong sangat mendesak. (Rostina)