Penjaga Toko Kosmetik Jual Obat Keras

Ilustrasi/Inet

SERANG – Maulidin (30), diringkus petugas Satuan Reserse Narkoba (Satrenarkoba) Polres Serang di Desa Citereup, Kecamatan Ciruas, Kabupaten Serang, Kamis (12/9). Warga asal Dewantara, Kabupaten Aceh Utara itu dipergoki menjual obat keras di toko kosmetik yang dijaganya.

Penggerebekan terhadap toko kosmetik tersebut berlangsung sekira pukul 19.30 WIB. Toko kosmetik yang dijaga oleh Maulidin digeledah petugas Satresnarkoba Unit I Polres Serang. Penggeledahan tersebut menindaklanjuti adanya laporan dari masyarakat terkait penyalahgunaan obat keras di sebuah toko kosmetik.

Hasil penggeledahan didapati 109 butir tramadol lempeng, tramadol polos 47 butir, dan eximer 34 butir. Obat tersebut diduga dijual Maulidin. “Iya betul ada pengungkapan kasus penyalahgunaan obat di Ciruas,” kata Kasatresnarkoba Polres Serang Ajun Komisaris Polisi (AKP) Trisno Tahan Uji.

Obat-obatan tersebut berdasarkan pengakuan Maulidin didapatkan dari rekannya berinisial JL yang saat ini masih dalam pencarian polisi. Obat-obatan tersebut didapatkan Maulidin pada 8 September 2019. “Tersangka (Maulidin-red) diduga memperjualbelikan obat-obatan tersebut,” kata Trisno.

Penjualan obat keras tanpa resep dokter tersebut bertentangan dengan Pasal 196 jo Pasal 197 UU Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan. Obat keras yang kerap disalahgunakan tersebut akan menimbulkan efek bagi kesehatan. “Penjualan obat tersebut harus melalui resep dokter dan di apotek,” kata Trisno. (mg05/nda/ira)