Penjurian LKBA Segera Dimulai

0
297 views
Suasana rakor internal persiapan penjurian tahap pertama LKBA 2020 Kabupaten Serang di Lantai 3 Graha Pena Radar Banten, Rabu (14/10).

SERANG – Penjurian Lomba Kampung Bersih dan Aman 2020 Kabupaten Serang segera dimulai. Rencananya, penilaian tahap pertama akan dilaksanakan pekan depan.

Kemarin, (14/10), Panitia LKBA 2020 Kabupaten Serang dari jajaran Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Serang dan Radar Banten melakukan rapat koordinasi (rakor) internal membahas jadwal dan teknis penjurian di Lantai 3 Graha Pena Radar Banten. Hadir Kepala DPMD Kabupaten Serang Rudi Suhartano serta Direktur Radar Banten dan Banten TV Mashudi.

Sekadar diketahui, LKBA tahun ini merupakan tahun kedua dan berbeda dibandingkan tahun sebelumnya. Tahun ini diikuti seluruh Rukun Warga (RW) dari 326 desa di 29 kecamatan yang ada di Kabupaten Serang. Sebelumnya, LKBA hanya diikuti 326 RW dari 326 desa atau satu desa satu RW.

Rudi mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan para juri dari berbagai kalangan dan pembagian kelompok juri untuk memberikan penilaian kepada peserta LKBA 2020 Kabupaten Serang. Mulai dari perwira TNI, perwira Polri, pejabat Pemkab Serang dari sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, dari unsur media, hingga unsur Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). Katanya, ada 1.511 Rukun Warga (RW) yang menjadi peserta LKBA terbagi dua kategori, yakni kategori pemula dan kategori berkembang. “Total semuanya ada 120 juri dibagi 40 tim dari lima kelompok. Satu tim juri terdiri dari tiga orang yang akan terjun ke setiap RW,” ujar Rudi dalam paparannya.

Dijelaskan Rudi, penjurian LKBA bulan ini merupakan penilaian tahap pertama. Tim juri akan disebar dan berkeliling ke tiap RW selama empat hari. Satu tim juri kemungkinan dalam satu hari akan berkeliling ke dua desa. Saat ini, kata Rudi, pihaknya tinggal menyiapkan jadwal rapat juri untuk membahas teknis penilaian dan mekanisme penjurian di tengah pandemi Covid-19 ini. “Insya Allah minggu ini sudah ada SK juri. Jadi, pekan depan kemungkinan sudah bisa dilakukan penjurian tahap pertama Oktober sudah selesai, tahap kedua di November,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Direktur Radar Banten dan Banten TV Mashudi menambahkan, pihaknya saat ini sedang merancang persiapan rapat juri dan menyempurnakan pedoman penilaian LKBA. “Tahun ini kita ingin lebih tertib lagi (penjurian-red). Ketika ada yang tidak sesuai, kita akan monitoring ke lapangan. Untuk lebih menyempurnakan penilaian, kita juga lakukan penjurian tertutup,” ujarnya. (zai)