Penuh Warna, Warga RT 05 Pipitan Semakin PD

0
870 views

WALANTAKA – Kepercayaan diri warga RT 05 RW 02, Lingkungan/Kelurahan Pipitan, Kecamatan Walantaka, semakin besar. Mereka yakin, RT-nya bisa bersaing dengan RT lain di Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020.

Keyakinan warga RT 05 itu setelah penataan dilakukan pasca-pembangunan jalan paving block rampung. Kini, jalanan di perkampungan ini penuh warna dan hijau oleh tanaman.

“Kami baru semangat lagi setelah lingkungan kami dapat program pemasangan paving block. Dari situ, warga langsung terpacu untuk menata. Sekarang sudah banyak penataan yang kami lakukan. Di antaranya, pengecatan dan penghijauan,” kata Amif, penggerak pemuda RT 05 pada Rabu (12/8).

Penataan RT ini, menurut Amif, hampir rampung. Tinggal pengecatan di beberapa sudut kampungnya.

Saat tidak ada gotong royong, warga yang berada di rumah, biasanya berinisiatif melanjutkan pengecatan di tembok pagar atau rumah masing-masing.

“Catnya kan disimpan di pos ronda. Jadi kalau ada yang mau ngecat, tinggal datang ke pos ronda untuk mengambil cat,” jelasnya.

Gunarso membenarkan keterangan ini. Ia mengaku, selama mengisi waktu luang di saat tidak bisa bekerja di Jakarta, Gunarso mengecat tembok pagar rumahnya dan lingkungan RT-nya bersama warga yang lain.

“Memang (penataan RT 05-red) agak lambat karena warga awalnya fokus pemasangan paving block dulu. Di sini, kendalanya adalah lahan, jadi kami enggak buat ruang terbuka hijau. Tapi kalau ada ruang kosong sedikit, langsung kami isi tanaman,” tutur Gunarso. (rio/don)