Bus di Terminal Terpadu Merak.

JAKARTA – Jumlah penumpang bus selama arus mudik terus menurun setiap tahunnya. Tercatat, jumlah penumpang bus pada tahun ini sebesar 4,2 juta orang. Jumlah itu menurun 12,29 persen dibanding tahun lalu, yag mencapai 4,8 juta orang.

Menurut Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Pudji Hartanto, penurunan itu salah satunya karena penumpang beralih ke moda transportasi lain. Seperti menggunakan pesawat atau kereta api. Selain itu, masih banyaknya masyarakat yang mudik menggunakan kendaraan pribadi, baik dengan mobil maupun sepeda motor.

“Selain itu, dari sisi keselamatan dan kenyamanan (angkutan bus) masih dianggap kurang. Hal ini juga memengaruhi turunnya jumlah penumpang bus,” ucap Pudji di Jakarta, Kamis (14/7), sebagaimana diwartakan jpnn.com.

Di samping itu kata Pudji, masih kurangnya faktor keselamatan dan kenyamanan angkutan bus menjadi tantangan Ditjen Perhubungan Darat untuk memperbaiki kondisi itu. “Kami harus untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat menggunakan angkutan bus. Ke depan ini menjadi pekerjaan rumah perhubungan darat, bagaimana menjaga kelaikan angkutan bus secara optimal,” papar dia.

Setelah itu terpenuhi, baru pihaknya akan mengatur kenyamanan melalui pengaturan SPM (Standar Pelayanan Minimal). “Terminalnya juga nanti akan ditata,” tandas Pudji. (chi/jpnn)