Penyakit Tak Menular Berkontribusi Pada Angka Kematian Ibu dan Bayi

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Serang Sri Nurhayati.

SERANG – Tak disangka, beberapa penyakit tidak menular yang sering dialami oleh ibu hamil dan pasca melahirkan ternyata sudah ikut berkontribusi dalam angka kematian ibu dan bayi di Kabupaten Serang.

Sebanyak lima dari 13 kasus kematian ibu hamil yang diterima oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Serang berkaitan dengan penyakit tidak menular, yakni kejang, hipertensi, diabetes, jantung dan gagal ginjal.

“Mayoritas penyakit jantung yang sering mengakibatkan hilangnya nyawa ibu hamil,” kata¬†Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Serang Sri Nurhayati, Kamis (6/4).

Menurutnya, masih banyaknya faktor yang menjadi pemicu kematian ibu hamil dan bayi tersebut juga karena upaya pemerataan jaminan kesehatan yang belum tepat sasaran.

“Sebenarnya, karena data yang kami terima dari pusat banyak yang belum tepat sasaran, sehingga masih banyak keluarga miskin di Kabupaten Serang belum mempunyai jaminan kesehatan. Maka dari itu syukur alhamdulillah, Pemerintah Kabupaten Serang mengupayakan yang belum tercover oleh jaminan kesehatan Pemerintah Pusat yakni BPJS, agar tercover oleh Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda). Saat ini masyarakat yang tercover BPJS di Kabupten Serang sebanyak 22.000 jiwa sisanya kami cover dari Jamkesda,” ungkapnya. harapnya. (Wirda Garizahaq/risawirda@gmail.com)